PENGARUH PENERAPAN METODE RUBAIYAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK-ANAK USIA 7 - 12 TAHUN DI PONDOK PESANTREN AL - QUR’AN AL – KARIM LEMABANG PALEMBANG

MUTIARA, INDAH (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE RUBAIYAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK-ANAK USIA 7 - 12 TAHUN DI PONDOK PESANTREN AL - QUR’AN AL – KARIM LEMABANG PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
PENGARUH PENERAPAN METODE RUBAIYAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode talqin adalah metode membaca Al-Qur‘an dengan cara guru membacakan dan diiukuti oleh santri. Kemampuan membaca Al-Qur‘an santri kurang baik dikarenakan metode yang kurang tepat karena tidak sesuai dengan usia 7 – 12 tahun. Dengan diterapkannya metode ruba’iyat diharapkan kemampuan membaca Al�Qur‘an santri jenjang usia 7 – 12 tahun lebih baik atau meningkat. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana penerapan metode membaca Al-Qur‘an di kelas eksperimen dan kelas kontrol di Pondok Pesantren Al�Qur‘an Al-Karim Lemabang Palembang? dan Apakah terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur‘an santri pada kelas eksperimen yang diterapkan metode ruba‘iyat dengan kelas kontrol yang diterapkan metode talqin di Pondok Pesantren Al-Qur‘an Al-Karim Lemabang Palembang? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan true eksperimen yang menggunakan teknik post-test only control design. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 anak, dan kelas C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengetahui proses membaca Al-Qur‘an pada santri. Metode tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan membaca Al-Qur‘an santri kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode ruba’iyat sedangkan kelas kontrol menggunakan metode talqin. Metode dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data mengenai gambaran umum lokasi penelitian di Pondok Pesantren Al-Qur‘an Al-Karim Lemabang Palembang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur‘an santri di Pondok Pesantren Al-Qur‘an Al-Karim Lemabang Palembang meningkat setelah diterapkan metode ruba’iyat. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t yaitu: 2,01 <5,09> 2,68. Ini mengandung arti metode ruba’iyat dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an santri jenjang usia 7 – 12 tahun di Pondok Pesantren Al-Qur‘an Al-Karim Lemabang Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:07
Last Modified: 06 Jul 2021 09:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9031

Actions (login required)

View Item View Item