HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONALDENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI DI MA AL-FATAH PALEMBANG.[SKRIPSI]

Syamsi, Fahmi Nuria (2016) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONALDENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI DI MA AL-FATAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FAHMI NURIA SYAMSI (11210058)--HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONALDENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI DI MA AL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional adalah salah satu kecerdasan yang begitu penting dalam menentukan keberhasilan seseorang. Dalam kaitannya dengan pembelajaran PAI, siswa dituntut untuk memiliki kemampuan dalam memahami dan mengelola emosi baik emosi diri sendiri maupun emosi orang lain dalam proses pembelajaran. Memahami dan mengelola emosi serta Menjalin hubungan dengan teman atau orang lain harus terjalin dengan baik mengingat kreativitas belajar siswa sangat mempengaruhi dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran tersebut melibatkan interaksi yang baik antara siswa dengan guru, siswa dengan orang lain serta antar siswa sendiri dalam kelompok belajar ataupun dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI di MA Al-Fatah Palembang. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber sekunder, adapun sampel dari penelitian ini yaitu kelas XI sebanyak 72 responden berdasarkan teknik Random sampling. Untuk mendapatkan data, penulis menyebarkan angket tentang kecerdasan emosional serta mengambil nilai dari hasil ulangan harian siswa di MA Al-Fatah Palembang. Untuk analisis data sendiri penulis menggunakan rumus kolerasi product moment. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, Pertama, kecerdasan emosional di MA Al-Fatah Palembang dapat dikategorikan sedang, terbuktidari 72 siswa yang menjadi responden terdapat 35 orang siswa atau 50% menyatakan sedang, dikategorikan sedang karena kecerdasan emosional dalam proses pembelajaran sudah mampu membantu guru dalam menyampaikan materi dan juga memanfaatkan kecerdasan siswa untuk memahami materi dalam pembelajaran. Kedua, kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di MA Al-Fatah Palembang juga tergolong sedang hal ini dibuktikan dari hasil yang diambil dari nilai ulangan harian dan dapat 50 orang atau 60% yang menyatakan sedang. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kreativitas siswa pada pelajaran PAI kelas XI di MA Al-Fatah Palembang, dengan perhitungan hasil korelasi product momentnya sebesar 0,8160 jika dikonsultasikan dengan table distribusi t (t tabel) maka pada taraf signifikansi 5% adalah 0,235 dan pada taraf signifikansi 1% adalah 0,306, ini berarti hipotesis penelitian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kreativitas belajar siswa kelas XI di MA Al-atah Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:46
Last Modified: 15 Jun 2017 02:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item