PENGARUH PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

SITI, MA'UNAH (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Siti Ma’unah (13270119).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di lakukan di MI Ma’had Islamy Palembang. Metode yang digunakan penelitian ini di lakukan di MI Ma’had Islamy Palembang. Adapun yang melatar belakangi untuk di lakukanya penelitian ini adalah keadaan objektif yang ditemukan oleh peneliti bahwa dalam proses pembelajaran yang di laksanakan guru dan siswa kelas III di MI Ma’had Islamy Palembang, kurang minatnya siswa dalam belajar Bahasa Arab, siswa terlihat pasif dalam proses belajar mengajar. Melihat permasalahan tersebut maka peneliti akan melakukan penelitian dengan menerapkan metode permainan edukatif. Karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan permainan edukatif dalam pembelajaran di kelas III MI Ma’had Islamy Palembang. Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Metode Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang, Bagaimana Hasil Belajar Siswa Kelas III Sebelum Dan Sesudah Diterapkan Permainan Edukatif, dan Apakah Terdapat Pengaruh Metode Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, jadi dalam penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dengan menggunakan rumus atau dengan angka�angka. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Untuk sampel dalam penelitian ini tediri dari satu kelas yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, pretest dan postes, dokumentasi. Dan data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik menggunakan rumus uji “t”. Adapun hasil dari menunjukkan bahwa setelah menerapakan permainan edukatif dalam proses pembelajaran, terlihat hasil belajar meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari perhitungan uji “T” yang hasilnya sebesar 76,8. Dengan df sebesar 50 diperoleh t0 lebih besar dari pada tt (baik pada taraf signifikan 5% dan 1%), 2,09< 76,8 > 2,83. Dengan demikian, berarti hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi: “pengaruh penerapan metode permainan edukatif pada mata pelajaran Bahasa Arab memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang” diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:08
Last Modified: 06 Jul 2021 09:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9043

Actions (login required)

View Item View Item