PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI AREMANTAI

DESI, HARIANI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI AREMANTAI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DESI HARIANI 14270016.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengangkat “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Aremantai”. Hal ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Aremantai tergolong rendah, hal tersebut di karenakan dalam pembelajaran IPA masih menggunakan model konvensional yang kurang bervariasi untuk mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaiamana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Indivudualization (TAI) pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Aremantai? Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asssited Individualization (TAI) pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Aremantai? Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibidaiyah Negeri Aremantai? Jenis penelitian Eksperimen One Group Pretest-Postest Desaign yang merupakan bagian dari pre-Experemintal Desaign atau rancangan eksperimen yang sungguh-sungguh karena masih terdapat variabel luar yang berpengaruh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 19 orang siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Aremantai. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu rumus test “t” untuk dua sampel kecil yang saling berhubungan Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan hasil penelitian yang di lakukan oleh peneliti di hitung dengan menggunakan TSR menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Aremantai pada Mata Pelajaran IPA sebelum diterapkannya model pembelajaran Team Assisted Individualization tergolong sedang. Hasil belajar siswa ada 5 orang siswa dengan persentase 26,32% dapat dikategorikan tinggi, 10 orang siswa dengan persentase 52,63% tergolong sedang dan 4 orang siswa dengan persentas 21,05% tergolong rendah. Hasil Belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Aremantai pada Mata Pelajaran IPA Sesudah diterapkannya Model Pembelajaran Team Assisted Individualization tergolong sedang. Terbukti dari persentase hasil belajar siswa ada 4 orang siswa dengan persentase 12,05% dapat di kategorikan tinggi, 12 orang siswa dengan persentase 63,16% tergolong sedang dan 3 orang siswa dengan persentase 15,79% tergolong rendah. Berdasarkan analisis data dengan rumus test “ t” adalah nilai perhitungan t-test lebib besar dari pada t-tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan rincian 2,10 < 13,51 > 2,88. Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV DI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Aremantai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:08
Last Modified: 06 Jul 2021 09:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9044

Actions (login required)

View Item View Item