KESIAPAN GURU KELAS DALAM MERENCANAKAN DAN MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SD PATRA MANDIRI 2 PLAJU

RAHMA, YULIANA (2017) KESIAPAN GURU KELAS DALAM MERENCANAKAN DAN MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SD PATRA MANDIRI 2 PLAJU. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SOFT COPY SKRIPSI (RY)nw.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kesiapan Guru Kelas Dalam Merencanakan dan Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif di SD Patra Mandiri 2 Plaju”, hal ini dilatar belakangi oleh perubahan kurikulum pada tahun ajaran 2014 semua sekolah pada jenjang dasar dan menengah harus mengimplementasikan kurikulum 2013, khususnya pada jenjang dasar perubahan yang paling terlihat dalam kurikulum 2013 adalah menggunakan pembelajaran tematik integratif yang membutuhkan berbagai persiapan disegala bidang. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana kesiapan guru kelas dalam merencanakan pembelajaran tematik integratif; 2) Bagaimana implementasi pembelajaran tematik integratif dan 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kesiapan guru kelas dalam merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif di SD Patra Mandiri 2 Plaju. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II, III, IV dan V. Objek penelitian ini berupa bentuk kesiapan guru kelas dalam merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif. Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Wawancara dan Studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, 1) Bahwa guru KFS, H, SH, N dan guru J telah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. Penyusunan RPP dilakukan kelima guru dengan cara mengadaptasi dan komponen RPP yang disusun oleh kelima guru sesuai dengan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah; 2) Pelaksanaan pembelajaran kelima guru telah menggunakan pendekatan saintifik walau tidak urut 5M serta telah mengacu pada rambu-rambu dan prinsip pembelajaran tematik integratif; 3) Faktor pendukung berasal dari guru, siswa, sarana dan prasarana. Faktor penghambat muncul dalam pembuatan RPP, dan pelaksanaan pembelajaran. Kelima guru sudah aktif melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hambatan yang ditemui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:08
Last Modified: 06 Jul 2021 09:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9046

Actions (login required)

View Item View Item