PENGARUH KETERAMPILAN PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS IV DI MADARASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG

RAHMITA, RAHMITA (2017) PENGARUH KETERAMPILAN PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS IV DI MADARASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RAHMITA 12270108ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Disuatu lembaga pendidikan yang bersifat formal seperti Madrasah, Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari daya ingat siswa dalam prestasi belajarnya. Kualitas dan keberhasilan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru memilih dan menggunakan metode maupun media pengajaran.Umumnya, lembaga pendidikan Islam terkhusus guru Al-Qur’an Hadist berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui Keterampilan Penguatan. Pengaruh Keterampilan Penguatan dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Al-Qur‟an Hadits, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana keterampilan penguatan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas IV di MI Hijriyah II Palembang? 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas IV di MI Hijriyah II Palembang? 3) Bagaimana Pengaruh Keterampilan Penguatan terhadap hasil belajar Siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Hijriyah II Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif . Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan cara Teknik Cluster Sampling penulis hanya mengambil kelas IV.A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan rumus Product Moment. Dengan df sebesar 28 dikonsultasikan pada tabel nilai r, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% yaitu sebagai berikut : Pada taraf signifikasi 5% : rt = 0,367 Pada taraf signifikasi 1% : rt = 0,463 0,367<14,14>0,463 Dengan demikian demikian r0 (yaitu sebesar 14,14) adalah jauh lebih besar dari pada rt , baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1%. Dengan demikian, maka H0 yang menyatakan tidak ada Pengaruh positif antara Pengaruh Keterampilan Penguatan terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang ditolak. Dan Ha yang menyatakan bahwa Pengaruh positif antara Pengaruh Keterampilan Penguatan terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang diterima. Jadi, karena ro lebih besar dari pada rt maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya Pengaruh Keterampilan Penguatan terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:09
Last Modified: 06 Jul 2021 09:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9055

Actions (login required)

View Item View Item