PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SHALAT DZUHUR SISWA KELAS X IPS1 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

FADILATUL, LAILY (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SHALAT DZUHUR SISWA KELAS X IPS1 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
CD.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Shalat Dzuhur Siswa Kelas X IPS1 di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Pendidikan merupakan suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinnya untuk berfungsi dalam kehidupan masyarakat. Salah satualatuntukmembimbingsesorang menjadi orang yang baikterutamapendidikan agama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kesadaran beribadah shalat dzuhur siswa kelas X IPS1 di SMA Muhammadiyah 1 Palembang ? Bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah shalat dzuhur siswa kelas X IPS1 di SMA Muhammadiyah 1 Palembang? Apakah peran guru PAI dapat meningkatkan kesadaran beribadah shalat dzuhur siswa kelas X IPS1 di SMA Muhammadiyah 1 Palembang?, Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kesadaran beribadah shalat dzuhur siswa kelas X IPS1 di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah shalat dzuhur di SMA Muhammadiyah 1 Palembang serta untuk mengetahui peran guru PAI dapat meningkatkan kesadaran beribadah shalat dzuhur siswa kelas XIPS1 di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek yang dialamiah, dimana peneliti sebagai instrument kunci, tehnik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan) metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer meliputikepala sekolah, guru, siswa kelas X IPS1, sedangkan data sekunder yaitu dokumen sarana dan prasarana, struktur organisasi, keadaan guru, keadaan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS1 37 orang siswa. Kemudin untuk memperoleh data, peneliti menggunakan alat pengumpulan data yaitu: metode observasi digunakan untuk melihat peran-peran guru dan suasana belajar didalam kelas, metode wawancara untuk mengajukan pertanyaan�pertanyaan kepada guru PAI dan kepada siswa, dan metode dokumentasi digunakan untuk menghimpun data tentang jumlah guru, siswa, dan status guru, dan foto-foto yang telah kita lakukan saat observasi. Hasil penelitian ini adalah: pertama, mengenai kesadaran beribadah shalat dzuhur siswa kelas X IPS1 di SMA Muhammadiyah 1 Palembang terbagi menjadi tiga tipe, yaitu: siswa yang kesadaran beribadahnya baik, sedang dan kurang. Kedua, peran guru PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah shalat dzuhur siswa kelas X IPS1 di SMA Muhammadiyah 1 Palembang adalah sebagai pengajar, pembimbing, dan pemimpin, ilmuwan, penghubung, pembaharu, dan pembangunan. para guru PAI sendiri yang berperan mengembangkan wawasan pemahaman siswa tentang beribadah shalat dzuhur, berpartisipasi mengerakkan siswanya untuk melaksanakan shalat dzuhur, memberikan contoh kepada siswanya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:10
Last Modified: 06 Jul 2021 09:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9063

Actions (login required)

View Item View Item