DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUNAWARIYAH PALEMBANG

NIKE, ARDILAH (2017) DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUNAWARIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NIKE ARDILAH ( 13270076).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang”. Rumusan masalah adalah sebagai berikut: Pertama, apa saja kesulitan belajar siswa ketika belajar materi penggunaan sifat-sifat operasi hitung di Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang? Kedua, apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yang dialami siswa ketika belajar matematika di Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang? Ketiga, apa upaya yang dilakukan guru matematika dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa ketika belajar materi penggunaan sifat-sifat operasi hitung di Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang, untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yang dialami siswa ketika belajar matematika di Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang, dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru matematika dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dan sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis datanya yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Pertama, kesulitan yang dialami siswa pada pelajaran matematika materi penggunaan sifat-sifat operasi hitung di Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang yaitu ketidakmampuan siswa dalam penguasaan konsep secara benar, ketidakmampuan siswa dalam berhitung, ketidakmampuan siswa dalam memahami simbol matematika, dan ketidakmampuan siswa dalam memahami perkalian. Kedua, faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika meliputi: (1) Faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa adalah kemampuan intelektual siswa yang rendah, sikap belajar siswa cenderung malas sehingga dapat menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal. (2) Faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa adalah guru, lingkungan keluarga kurang mendukung, dan lingkungan sekolah yang berisik. Ketiga, upaya yang dilakukan guru Matematika dalam mengatasi kesulitan belajar materi penggunaan sifat-sifat operasi hitung adalah perlunya pengajaran khusus seperti bimbingan belajar, menggunakan media atau metode mengajar yang inovatif dan kreatif untuk mempermudah siswa, dan menciptakan conditioning (reinforcement, rewards, encouragement), serta drill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:10
Last Modified: 06 Jul 2021 09:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9065

Actions (login required)

View Item View Item