SHINDY IKA, PUTRI (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL QOMAR PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
file skripsi shindy ika puteri 14270117..pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dari hasil observai awal penulis di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang, bahwa siswa masih kurang menguasai materi pelajaran IPS yang disampaikan oleh guru pada saat proses pembelajaran, banyaknya siswa yang tidak fokus ketika proses pembelajran berlangsung, karena guru dalam menjelaskan cenderung bersifat berpusat pada guru (Teacher Center). Karena itu, rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bagaimana penerapan metode bamboo dancing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang? (2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode bamboo dancing di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang? (3) Apakah ada pengaruh penerapan metode bamboo dancing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang? Metodologi penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design (nondesaign). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pre-tes and pos-tes design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang kelas IV yang terdri dari 1 kelas dengan jumlah siswa yang berjumlah 9 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-Probality Sampling karena teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Jadi seluruh peserta didik kelas IV diambil menjadi sampel untuk dijadikan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan test pre-test and pos-test . teknik analisis yang menggunakan statistik “t” Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode bamboo dancing mendapat mean sebesai 43. Persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor dengan kategori tinggi terdapat 2 orang siswa dengan nilai 57 keatas (22,2%), skor dengan kategori sedang terdapat 6 orang siswa dengan nilai 28- 57 (66,6%), skor dengan kategori rendah terdapat 1 orang siswa dengan nilai 28 kebawah (11,1%). (2) hasil belajar siswa sesudah diterapkan metode bamboo dancing mendapat mean sebesai 84. Persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor dengan kategori tinggi terdapat 2 orang siswa dengan nilai 93 keatas (22,2%), skor dengan kategori sedang terdapat 5 orang siswa dengan nilai 77- 93 (53,3%), skor dengan kategori rendah terdapat 2 orang siswa dengan nilai 76 kebawah (22,2%). (3) penerapan metode bamboo dancing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS, hal ini dapat dilihat hasil uji hipotesis menggunakan uji ”t” yaitu : perhitungan (t0=9,944) dan besar nya “t” yang tercantum pada tabel t (tt 1%= 3,36 dan ttabel 5% = 2,31) maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar dari pada ttabel yaitu 2,31 <9,944 > 3,36. Dengan demikian, berarti hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi : “ pengaruh penerapan metode bamboo dancing terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang” diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 09:10 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 09:10 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9070 |
Actions (login required)
View Item |