PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI SRIJAYA MAKMUR MURATARA

KARLA, KARLINA (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI SRIJAYA MAKMUR MURATARA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Karla Karlina (13222053).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan suatu cara yang dilakukan dalam mencapai tujuan, suatu metode pembelajaran akan mempunyai ciri masing-masing untuk materi-materi yang akan diberikan, termasuk materi IPA sebuah perencanaan yang utuh dan bersistem dalam menyajikan materi pelajaran. Metode pembelajaran dilakukan secara teratur dan bertahap dengan cara yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan tertentu dibawah kondisi yang berbeda. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan untuk menghadapi permasalahan yang terjadi dalam kehidupan siswa masa depan. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang diharapkan dapat membentuk kemampuan berpikir kritis siswa adalah metode belajar mendengarkan tim. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pengajaran Listening Team terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN Srijaya Makmur. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimental dengan metode penelitian Quasi Experimental Design dengan desain pre test penelitian dan rancangan kelompok uji post test dengan instrumen penelitian adalah tes dalam bentuk pilihan ganda.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik sampling jenuh merupakan teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sampel Analisis data yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian menggunakan metode statistik. Hasil uji n-gain pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,63 dengan kategori sedang, dan pada kelas kontrol mendapatkan nilai sebesar 0,59 dengan kategori rendah. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t test independent sample. Hasil uji t menggunakan metode independent sample t test pada metode pengajaran Tim Pendengar. Pada saat pengujian hipotesis berdasarkan kolom varians yang sama diasumsikan sig. (2-tailed) dapat diketahui nilai t hitung 0,06 dan nilai signifikansi yang diperoleh 0,000 <0.005 dapat dikumpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa VIII (a) yang mendapat pembelajaran dengan metode Listening Team dan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:17
Last Modified: 22 Jul 2021 02:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9142

Actions (login required)

View Item View Item