PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 40 PALEMBANG (STUDI DI KELAS VII SMP NEGERI 40 PALEMBANG)

RAHMAT, ANDRIANSYAH (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 40 PALEMBANG (STUDI DI KELAS VII SMP NEGERI 40 PALEMBANG). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Rahmat Andriansyah (13210211) penerapan pendekatan saintifik di SMPN 40.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri 40 Palembang (Studi Di Kelas VII Smp Negeri 40 Palembang), Skripsi, Palembang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Prodi Pendidikan Agama Islam, 2017. Pembelajaran hendaknya mempunyai tujuan untuk membangun kompetensi anak didik yang seutuhnya mencangkup 3 aspek kompetensi dalam dirinya. Pendekatan saintifik mencangkup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang di gunakan untuk setiap satuan pendidikan. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendektan saintifik dapat meningkatkan rasa keingintahuan, keterampilan mengamati, analisis, kritis dan komunikasi, sesuai dengan kebutuhan kemampuan manusia pada abad ke 21. Oleh sebab itu perlu pemahaman tentang apa itu pendekatan saintifik, bagaimana penerapannya, serta apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam penerapannya khususnya dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis hasil temuan tentang penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik serta faktor penghambat dan pendukungnya di SMP Negeri 40 Palembang. Metode penelitian adalah kualitatif. Informan penelitian ini adalah waka kurikulum, guru, dan siswa kelas VII SMP Negeri 40 Palembang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawanacara mendalam, observasi, dokumentasi. Analisis data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada tahapan penerapan, terbagi menjadi tiga bagian yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, perancangan RPP yang dibuat guru sudah melengkapi pertanyaan yang telah diajukan oleh peneliti yang sesuai dengan indikator, hasilnya: (1) Penyusunan RPP sudah menggambarkan tujuan pembelajaran yang sesuai indikator kurikulum 2013, (2) Pada kegiatan inti skenario pembelajaran atau langkah-langkah dalam pembelajaran sudah menggunakan tahapan 5M (3) Pada bagian penilaian, menggunakan penilaian autentik yang juga menilai tentang aspek sosial, pengetahuan dan ketrampilan. Pada tahapan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik guru telah cukup baik menciptakan keadaan kelas sesuai dengan kriteria pendekatan saintifik dimulai dengan tahapan mengamati, menanya, mengelaborasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Pada tahapan evaluasi hasilnya SMP Negeri 40 Palembang telah melakukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan baik. Adapun Faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013 adalah faktor pendukung (1) kualifikasi guru, (2) Pemahaman guru, (3) kehadiran guru terhadap seminar dan training, (4) lingkungan sekolah yang mendukung. Faktor penghambat (1) pra sarana media yang dapat dipindah-pindah (2) kondisi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:17
Last Modified: 22 Jul 2021 02:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9144

Actions (login required)

View Item View Item