IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG

ANTA, FEBRIO (2018) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Anta Pebrio.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penguatan pendidikan karakter merupakan proses pembentukan, transformasi dan pengembangan potensi peserta didik di seluruh Indonesia agar senantiasa berpikiran baik, berhati baik dan berperilaku baik. Implementasi penguatan pendidikan karakter di dasari oleh pertimbangan bahwa apa yang selama ini dilakukan barulah sebatas mengembangkan kecerdasan akademis pada peserta didik. Penelitian ini akan mengangkat bagaimana karakter religius pada peserta didik, bagaimana implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada peserta didik dan apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 13 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter religius pada peserta didik, implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada peserta didik dan faktor pendukung dan penghambat implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 13 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi. Penelitian ini disajikan dalam bentuk desktiptif dengan tujuan mengambarkan suatu proses yang terjadi dilapangan. Adapun objek penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 39 orang. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif di peroleh dari kata-kata berupa analisis dan data kuantitatif berbentuk angka-angka seperti jumlah peserta didik, guru, sarana dan prasarana dan lain-lain. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah data primer terdiri dari peserta didik, guru dan kepala sekolah dan data sekunder terdiri dari buku-buku, laporan, jurnal dan lain-lain. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tiga langkah analisis data, yang terdiri dari: Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti yaitu, pertama, karakter religius peserta didik sudah cukup baik terlihat dari mereka antusias menjalankan ibadah masing-masing, menghargai dan menghormati perbedaan agama dengan menjunjung tinggi sikap toleransi dan ini perlu dikembangkan lagi. Kedua, implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada peserta didik melalui kegiatan rutin, pembelajaran, keteladanan, pengkondisian, ekstrakurikuler, kegiatan di rumah dan masyarakat. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas guru menjadi tauladan dan mengajak peserta didik untuk memiliki karakter religius yang baik sedangkan dalam kegiatan di sekolah sudah ada budaya sekolah yang menanamkan karakter religius. Ketiga, faktor penghambat implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada peserta didik adalah faktor pergaulan peserta didik yang buruk dan faktor kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anaknya. Hal seperti ini perlunya kerja sama pihak orangtua dan sekolah untuk mendukung penguatan pendidikan karakter religius peserta didik. Sedangkan, faktor pendukung implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada peserta didik adalah faktor internal dalam sekolah, faktor eksternal dengan kerja sama pihak luar sekolah dan faktor sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:18
Last Modified: 22 Jul 2021 02:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9146

Actions (login required)

View Item View Item