PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR MEMBACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG

SEPTIA, UTARI (2017) PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR MEMBACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SEPTIA UTARI (13270117).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bimbingan belajar merupakan suatu proses pemberian bantuan dari guru Bimbel kepada siswa dengan cara mengembangkan suasana belajar yang kondusif dan menumbuhkan kemampuan agar siswa terhindar dari kesulitan belajar atau dapat mengatasi kesulitan belajar yang dihadapinya sehingga mencapai hasil belajar yang optimal. Bimbingan belajar merupakan kegiatan belajar yang dilakukan di luar jam sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan bimbingan belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca?, apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat bimbingan belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas 1 sebagai guru Bimbel dan orang tua peserta didik Bimbel. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca pada kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan bimbingan belajar sudah berjalan dengan baik, waktu pelaksanaannya terprogram, serta memiliki langkah-langkah yang efektif dalam pelaksanaannya. Kedua, Faktor pendukung pelaksanaan bimbingan belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca adalah Faktor Internsik yaitu faktor yang berasal dari peserta didik dan Faktor Eksternsik yaitu faktor yang berasal dari orang tua, lingkungan, serta teman sebaya. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan bimbingan belajar adalah faktor psikologis anak (kecerdasan, motivasi, minat, bakat, dan sikap), place (tempat), orang tua, serta pengaruh teman sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:18
Last Modified: 22 Jul 2021 02:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9153

Actions (login required)

View Item View Item