PENGARUH PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS AULIA CENDEKIA PALEMBANG

YENI, MARLINA (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS AULIA CENDEKIA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
YENI MARLINA 12210276.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: Pengaruh Penerapan Metode Talking Stick terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Aulia Cendekia Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana motivasi belajar siswa yang diterapkan metode Talking Stick pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Aulia Cendekia Palembang?, Bagaimana motivasi belajar siswa yang tidak diterapkan metode Talking Stick pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Aulia Cendekia Palembang?, Apakah ada pengaruh penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Aulia Cendekia? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Eksperiemental Method. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif terdiri dari jumlah guru, jumlah murid, sarana dan prasarana. Sedangkan data kualitatif terdiri dari hasil wawancara guru Aqidah Akhlak di MTs Aulia Cendekia Palembang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data primer adalah siswa kelas VIII a dan VIII b dan guru Aqidah Akhlak, sedangkan data sekunder berupa dokumen. Adapun yang menjadi populasi adalah kelas VIII, kelas VIII b sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas VIII a sebagai kelas kontrol yang berjumlah kelas 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik tes “t”. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa yang diterapkan metode Talking Stick dengan kategori Tinggi sebanyak 4 orang siswa (11,42%) kategori nilai sedang sebanyak 28 orang siswa (80%) dan nilai rendah sebanyak 3 orang siswa (8,57%). Sedangkan motivasi belajar siswa yang tidak di terapkan metode Talking Stick dengan kategori nilai tinggi sebanyak 2 orang siswa (6 %), kategori nilai sedang sebanyak 31 orang siswa (88%), dan kategori nilai rendah sebanyak 2 orang siswa (6%) dan terdapat pengaruh yang sangat signifikan penerapan metode Talking Stick terhadap motivasi belajar siswa. berdasarkan perhitungan uji “t” diperoleh “to“ lebih besar dari ttabel (baik pada signifikan 5% dan 1% ) 2,00 < 8,00 > 2,65. dengan demikian berarti hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Aulia Cendekia Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:18
Last Modified: 22 Jul 2021 02:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9157

Actions (login required)

View Item View Item