MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN DI RUMAH TAHSIN DAN TAHFIZ KAMILIYAH PALEMBANG

NURIL, TAUFIQI (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN DI RUMAH TAHSIN DAN TAHFIZ KAMILIYAH PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TESIS LENGKAP NURIL.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Al-Qur‟an (menghafal Al-Qur‟an) di Rumah Tahsin dan Tahfiz Kamiliyah yang meliputi, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Mudiroh (Kepala Sekolah), Ustadz dan Ustadzah, Santri Tahfiz dan Wali Santri Tahfiz di Rumah Tahsin dan Tahfiz Kamiliyah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, dengan tahapan data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Berdasarkan penelitian manajemen pembelajaran Tahfiz Al-Qur‟an di Rumah Tahsin dan Tahfiz Kamiliyah, hasil penelitian menunjukan. Pertama, perencanaan dengan menentukan tujuan, isi dan strategi pembelajaran tahfiz Al-Qur‟an. Kedua, pengorganisasian pembelajaran tahfiz Al-Qur‟an dengan memberi tugas-tugas sesuai dengan kemampuan pengajar. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran tahfiz Al�Qur‟andilaksanakan di Rumah Tahfiz secara rutin dan berkesinambungan. Metode yang digunakan dalam mengaji tahfiz yaitu tadarus, sima‟an, dan setoran. Keempat, pengawasan pembelajaran tahfiz Al-Qur‟an mulai dari cara mengajar dengan memberi nasehat-nasehat ataupun motivasi kepada pengajar. Dan kelima, evaluasi pembelajaran tahfiz Al-Qur‟andilakukan dengan dua cara yaitu, evaluasi internal dan evaluasi eksternal. Evaluasi internal dibagi menjadi dua yaitu evaluasi ustadz-ustadzah dan evaluasi santri, evaluasi ustadz-ustadzah untuk mengetahui apakah para pengajar tahfiz sudah mengajar sesuai dengan yang telah ditetapkan atau belum, evaluasi ini dilakukan dengan memberi motivasi kepada ustadz�ustadzah dan santri, kemudian evaluasi santri dilakukan untuk mengetahui kemampuan santri menghafal dalam satu bulan, Evaluasi ini dilakukan dengan cara mengadakan tes hafalan satu juz, Sedangkan evaluasi eksternal untuk megetahui apakah kegiatan tahfiz Al-Qur‟an sudah sesuai harapan wali santri atau masih jauh dari harapan, evaluasi eksternal dilakukan dengan masukan-masukan dari orangtua wali santri dan masyarakat sekitar. Evaluasi juga bisa dilihat dari hasil santri dalam prestasi-prestasi yang di dapatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: ?? Manajemen_Pendidikan_Islam(S2) ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Jul 2021 00:58
Last Modified: 23 Jul 2021 00:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9209

Actions (login required)

View Item View Item