PENGARUH PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH AZIZAN PALEMBANG

ROUDHO, APRIANTI (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH AZIZAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ROUDHO APRIYANTI 14270111.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dari hasil observasi awal penulis di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang, proses pembelajaran masih didominasi oleh guru. Adapun dalam mengeluarkan pendapat dan bertanya, hanya beberapa siswa saja yang menunjukkan keaktifannya. Hal ini di dukung oleh Guru masih sangat terpaku dengan buku paket yang digunakan untuk mengajar. Karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagi beriku. (1) Bagaimana penerapan metode two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang? (2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode two stay two stray di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang? (3) Apakah terdapat pengaruh metode two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang?. Metodologi penelitian pada skripsi ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan perlakuan (treatment). Dengan desain penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang kelas V yang terdiri 1 kelas dengan jumlah siswa 20 orang. Karena jumlah siswa kurang dari 30 jadi sampel yang diambil menggunakan sampling jenuh. Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan rumus uji “t”. Hasil penelitian menunujukka (1) Hasil belajar sebelum di terapkan metode two stay two stray mendapatkan mean sebesar 47. Hasil belajar siswa yang memperoleh skor kategori tinggi terdapat 2 orang siswa dengan nilai 58 keatas, skor kategori sedang terdapat 14 orang siswa dengan nilai 36 samapai 57, skor dengan kategori rendah terdapat 4 orang siswa dengan nilai 36 kebawah. (2) Hasil belajar sesudah di terapkan metode two stay two stray mendapatkan mean sebesar 76. Hasil belajar siswa yang memperoleh skor kategori tinggi terdapat 6 orang siswa dengan nilai 88 keatas, skor kategori sedang terdapat 12 orang siswa dengan nilai 64 sampai 87, skor dengan kategori rendah terdapat 2 orang siswa dengan nilai 64 kebawah. (3) Penerapan metode two stay two stray berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS, hal ini dapat dilihat hasil uji hipotesis menggunakan uji”t” yaitu : perhitungan (to = 11,83) dan besarnya t yang tercantum pada tabel t (taraf signifiksi 5% = 2,09) dan taraf signifikasi 1% = 2,86), maka dapat diketahui bahwa to lebih besar dari pada tt baik taraf signifikasi 5% maupun 1% yaitu : 2,09 < 11,83 > 2,86. Jadi, karena to lebih besar dari pada tt maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini bearti bahwa adanya pengaruh penerapan metode two stay two stray terhadap hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Jul 2021 00:58
Last Modified: 23 Jul 2021 00:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9210

Actions (login required)

View Item View Item