Pengaruh Strategi Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang

RINA PURNAMA, SARI (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RINA PURNAMA SARI 13270103.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya Keaktifan belajar siswa belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak kelas III A disebabkan karena pembelajaran yang tidak divariasikan Dalam menggunakan Strategi pembelajaran sehingga siswa tidak tertarik dalam mengikuti pelajaran dikelas. Melalui penerapan Strategi pembelajaran The Power Of Two diharapkan mampu meningkatkan Keaktifan belajar siswa, khususnya pelajaran Aqidah Akhlak. Hasil analisis statiska membuktikan bahwa strategi pembelajaran The Power Of Two terhadap Keaktifan belajar siswa kelas III A pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Sesudah Menerapkan Strategi Pembelajaran The Power Of Two masih tergolong tinggi hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi dan hasil pretest siswa. Berdasarkan hasil observasi siswa menunjukkan bahwa dari 29 siswa yang mendapatkan kategori sangat baik sebanyak 22%, kategori baik 57%, kategori cukup 14%, dan kategori kurang 7%. Sedangkan dari hasil posttest siswa dengan menggunakan perhitungan TSR menunjukkan bahwa Keaktifan belajar siswa dengan kategori tinggi sebanyak 50%, kategori sedang 32%,dan kategori rendah sebanyak 17%. Jadi Bahwa pengaruh strategi pembelajaran The Power Of Two terhadap keaktifan belajar siswa mempunyai pengaruh yang signifikan,hal tersebut terlihat dari hasil belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran The Power Of Two di kelas III Apada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang tergolong baik. Koefisien antara variabel strategi pembelajaran The Power Of two (X) dan variabel keaktifan belajar siswa(Y) yaitu besarnya rxy = 1,004 dan rtabel = 0,367 maka Ho ditolak yang artinya ada hubungan antara strategi pembelajaran The Power Of Two dengan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Jul 2021 01:07
Last Modified: 23 Jul 2021 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9213

Actions (login required)

View Item View Item