INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI REMAJA USIA 12-14 TAHUN DI LINGKUNGAN RUMAH TANGGA DESA TANJUNG DAYANG SELATAN KAB.OGAN ILIR

NADILA, TILOVA (2018) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI REMAJA USIA 12-14 TAHUN DI LINGKUNGAN RUMAH TANGGA DESA TANJUNG DAYANG SELATAN KAB.OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB SELURUHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam bagi Remaja Usia 12-14 Tahun di Lingkungan Rumah Tangga Desa Tanjung Dayang Selatan Kab.Ogan Ilir. Latar belakang penelitian ini adalah terdapat orang tua yang 11 kurang peduli dengan Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam bagi remaja di lingkungan keluarga, dalam Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam berarti orang tua menanamkkan nilai-nilai agama Islam, upaya orang tua adalah memberikan teladan dan contoh yang baik kepada anaknya supaya terbiasa dengan hidup yang baikdan ddapat memberi contoh kepada lingkungan yang kurang baik di sekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Proses Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam bagi Remaja Usia 12-14 Tahun di Lingkungan Rumah Tangga Desa Tanjung Dayang Selatan Kab.Ogan Ilir? Faktor-faktor yang Mempengaruhi Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia 12- 14 Tahun di Lingkungan Rumah Tangga Desa Tanjung Dayang Selatan Kab.Ogan Ilir. Metodelogi dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan jenis Penelitian Deskriptif dengan pendekatan penelitian deskriptif Kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu data yang dikumpulkan langsung dari tangan pertama yaitu Orang Tua yang terdiri Ayah dan Ibu yang memiliki anak Remaja usia 12-14 Tahun, Ustadz,dan Remaja usia 12-14 Tahun. Dan sumber data sekunder yaitu data penunjang didalam penelitian, seperti Media buku, Media Internet untuk mendukung analisis dan pembahasan dan juga mengambil data yang diperoleh dari Kepala Desa, Perangkat Desa di tempat keluarga tinggal. Teknik Penarikan Sampling dengan Purvosive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam bagi Remaja Usia 12-14 Tahun di Lingkungan Rumah Tangga Desa Tanjung Dayang Selatan Kab.Ogan Ilir yaitu: Pertama, Proses Internalisasi Nilai�nilai Pendidikan Agama Islam bagi Remaja Usia 12-14 Tahun di Lingkungan Rumah Tangga Desa Tanjung Dayang Selatan Kab.Ogan Ilir dapat dikatakan baik hal ini bisa dilihat dari Pertama Tahap Transformasi Nilai, dengan menjelaskan kepada anak tentang perbuatan baik dan buruk yang berkaitan dengan Akhlak dan Ibadah Kedua Tahap Transaksi Nilai, Orang tua mengajak dan memberikan contoh kepada anak Remaja baik yang berhubungan denan Ibadah maupun Akhlak, dan Tahap Transinternalisasi Nilai yaitu anak Remaja tanpa di nasehati lagi sudah melaksanakan sendiri dan mengamalkannya dengan hal-hal yang berkaitan dengan Ibadah dan Akhlak .Kedua, Faktor-Faktor yang mempengaruhi nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi Remaja usia 12-14 Tahun di Lingkungan Rumah Tangga Desa Tanjung Dayang Selatan Kab.Ogan Ilir Yaitu faktor Internal yaitu Fitrah, sedangkan Faktor Eksternal yaitu Lingkungan, baik itu lingkungan di keluarga, lingkungan di sekolah, maupun lingkungan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Jul 2021 00:57
Last Modified: 23 Jul 2021 00:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9214

Actions (login required)

View Item View Item