MUHAMMAD, ASYIK (2018) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 4 SEMENDE DARAT LAUT KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKRIPSI PDF.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
“Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMPN 4 Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim. Menyusun alat pembelajaran (silabus, RPP, kartu soal dll) dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam; Mengikuti pertemuan profesional guru Pendidikan Agama Islam (KKG/kelompok kerja guru); Menyusun media pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Sudah melibatkan teknologi dalam pembelajaran meskipun belom maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesinal guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Semende Darat Laut?, bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII. pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Semende Darat Laut?, bagaimana pengaruh kompetensi profesinal guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa kelas VIII. di SMPN 4 Semende Darat Laut?. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantatif. Data�data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus statistik uji product moment, adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini Guru PAI di SMPN 4 Semende Darat Laut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:Bahwa Kompetensi Profesinal Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Semende Darat Laut berdasarkan hasil rekapitulasi jawaban responden digunakan rumus persentase untuk mengolahnya, sebagai berikut: mean 94,41 dan standard error (SD) 3,63. Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Semende Darat Laut. Berdasarkan hasil rekapitulasi jawaban responden digunakan rumus persentase untuk mengolahnya, sebagai berikut: mean 77 dan standard error (SD) 1,02. Pengaruh Kompetensi Profesinal Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. di SMPN 4 Semende Darat Laut. Dari perhitungan telah diperoleh rxy = 3,1588. Selanjutnya untuk memberikan interpretasi yaitu berkonsultasikan dengan Tabel Nilai “r” Product Moment, dengan terlebih dahulu mencari : df = N - nr = 44 – 2 = 42. Dengan df sebesar 42, pada taraf signifikansi 5% = 0,2973 sedangkan pada taraf 1% diperoleh “r” tabel = 0,2512. Ternyata rxy atau ro (yang besarny 3,1588) jauh lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikansi 5% (0,2973) maupun pada taraf signifikansi 1% (0,2512) atau 0, 2512 < 3,1588> 0, 2973.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 01:06 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 01:06 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9224 |
Actions (login required)
View Item |