PISKI IKE, JULIANTI (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI SMA NURUL IMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Piski Ike Julianti 12222082.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Seorang guru harus mampu menggunakan strategi dalam proses pembelajaran agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal serta dapat meningkatan hasil belajar siswa dalam belajar. Dengan menggunakan strategi mind mapping maka dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang sedang dipelajari dan juga mendorong siswa lebih aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA di SMA Nurul Iman Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimental dengan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua kelas XI IPA di SMA Nurul Iman Palembang yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan kelas XI IPA 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa secara kognitif. Hasil analisis data tahap pertama nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 47,50 sedangkan kelas kontrol sebesar 49,50 masih jauh dari nilai KKM sekolah yaitu 75. Setelah diterapkan strategi mind mapping nilai rata-rata postest kelas eksperimen meningkat dengan nilai rata-rata 83,33 yang tergolong sangat baik sedangkan hasil nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 73,2 yang tergolong baik. Hasil perhitungan uji t-tes diperoleh nilai thitung = 5.483 > ttabel = 1.67155 yang artinya nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel dengan taraf signifikasi 5% atau 0,05 dengan nilai signifikan 0,000 yang artinya nilai signifikan < 0,05, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 01:07 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 01:07 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9228 |
Actions (login required)
View Item |