PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 55 PALEMBANG

LUTVI, FEBRIYANTI (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 55 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LUTVI FEBRIYANTI (12221051).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis kelas VIII SMP Negeri 55 P Palembang tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain true-experimen design. Kemudian bentuk true-experimen design yang diambil dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Jumlah seluruh kelas VIII yaitu 7 kelas,yang terdiri dari kelas VIII.1, VIII. 2, VIII.3, VIII.4, VIII.5, VIII.6, dan VIII.7. Populasi yang digunakan adalah dua kelas yang diambil sebagai sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII 3 dan kelas VIII 4. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = 2, 518 dan ttabel = 1,667 dengan taraf signifikan 5 %. Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima, artinya ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis kelas VIII SMP Negeri 55 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Jul 2021 00:58
Last Modified: 23 Jul 2021 00:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9229

Actions (login required)

View Item View Item