PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VII PADA MATERI EKOSISTEM DI MTS. NURRUSSALAM SIDOGEDE BELITANG OKU TIMUR

LISTINA SEKAR, TAUFIQA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VII PADA MATERI EKOSISTEM DI MTS. NURRUSSALAM SIDOGEDE BELITANG OKU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1. SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual pada materi ekosistem kelas VII MTs. Nurrussalam Sidogede Belitang OKU Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian the matching posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 196 siswa yang terdiri dari 3 kelas putra dan 3 kelas putri. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling karena pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan lembar observasi. Berdasarkan hasil data menggunakan uji t pada taraf kepercayaan 5%, hasil thitung = 7,414 dan ttabel = 1,998, maka thitung >ttabel. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis rata kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kontekstual mencapai 71,49% sedangkan kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional mencapai 54,86 %, artinya sikap ilmiah siswa dapat meningkat dengan penerapan model pembelajaran kontekstual. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap sikap ilmiah siswa kelas VII MTs. Nurrussalam Sidogede Belitang OKU Timur pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Jul 2021 00:58
Last Modified: 23 Jul 2021 00:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9234

Actions (login required)

View Item View Item