PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALEMBANG

LILIK, NAULI (2017) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pola asuh orang tua yang berhubungan dengan kedisiplinan belajar siswa, dimana kedisiplinan belajar siswa tidak hanya menjadi tanggung jawab guru di sekolah melainkan menjadi tanggung jawab orang tua juga, karena orang tua merupakan faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini. 1. Bagaimana pola asuh orang tua terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang ? 2. Bagaimana kedisiplinan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang ? 3. Adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar VIII SMP Negeri 19 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data kuantitatif terdiri dari data yang menunjukkan angka seperti hasil perhitungan pengaruh pola asuh terhadap kedisiplinan belajar siswa, jumlah guru, jumlah siswa, sarana dan prasarana, sedangkan data kualitatif terdiri dari data wawancara kepada orang tua dan guru. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dari siswa, guru dan orang tua. Data sekunder yang diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara sebagai data pendukung. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII berjumlah 246 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket yang ditujukan kepada siswa, wawancara yang ditujukan kepada orang tua dan guru, observasi ditujukan kepada kepala sekolah, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh hal-hal yang berhubungan dengan masalah penelitian di SMP Negeri 19 Palembang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana. Setelah melakukan perhitungan dan analisa data, maka diperoleh data sebagai berikut: Pertama pola asuh orang tua yang termasuk dalam kategori tinggi (nilai 63 ke atas), 14 siswa dengan persentase (40%) siswa termasuk dalam kategori sedang (nilai 49-63), 11 siswa dengan persentase (30%) siswa termasuk dalam kategori rendah (nilai 49 ke bawah) 11 siswa dengan persentase (30%). Kedua kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 19 Palembang yaitu siswa termasuk dalam kategori tinggi (nilai 63 ke atas), 13 siswa dengan persentase (36%) siswa termasuk dalam kategori sedang (nilai 52-63), 12 siswa dengan persentase (32%) siswa termasuk dalam kategori rendah (nilai 52 ke bawah) 12 siswa dengan persentase (32%). Ketiga terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 19 Palembang yaitu dilihat dari Fhitung > Ftabel (7,93 > 4,08) sehingga H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Jul 2021 00:59
Last Modified: 23 Jul 2021 00:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9236

Actions (login required)

View Item View Item