ANALISIS AKTIVITAS PENGELOLAAN ZAKAT DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL SISWA KELAS X.2 SMA GAJAH MADA 3 PALEMBANG

Apri, Zul (2017) ANALISIS AKTIVITAS PENGELOLAAN ZAKAT DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL SISWA KELAS X.2 SMA GAJAH MADA 3 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (ZUL APRI).pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Untuk mengangkat harkat dan martabat umat Islam agar tidak terpuruk dalam kehidupan miskin yang berkepanjangan, maka Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menghadirkan dalam dirinya sikap dermawan dengan menumbuhkan sikap hidup sosial dalam ekonomi yakni dengan mengeluarkan zakat dari harta yang dimiliki dalam upaya membersihkan harta itu atas hak orang lain serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.Munculnya jarak sosial antara sesama manusia karena faktor tingkat ekonomi menimbulkan kesenjangan dalam pergaulan hidup yang mengakibatkan orang-orang miskin terbelakang karena kesempatan-kesempatan tidak diberikan kepada mereka.Sehubungan dengan penanaman pemahaman materi tentang zakat dalam kehidupan beragama, maka kepada para siswa perlu dilakukan oleh guru pembinaan tentang rasa tanggung jawab kepada masyarakat miskin melalui materi zakat. Permasalahan penelitian ini: Nilai–nilai pendidikan apa yang terdapat dalam zakat bagi siswa kelas X.2 SMA Gajah Mada 3 Palembang?Bagaimana kompetensi social siswa kelas X.2 SMA Gajah Mada 3 Palembang? Apa kontribusi nilai pendidikan dalam zakat bagi pengembangan kompetensi social siswa kelas X.2 SMA Gajah Mada 3 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan dalam zakat bagi siswa kelas X.2 SMA Gajah Mada 3 Palembang, untuk mengetahui kompetensi sosial siswa kelas X.2 SMA Gajah Mada 3 Palembang, dan untuk mengetahui kontribusi nilai pendidikan dalam zakat bagi pengembangan kompetensi sosial siswa kelas X.2 SMA Gajah Mada 3 Palembang. Penelitian ini bersifat kualitatif yakni digambarkan dengan kata-kata dan dipisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan Riset Diskriptif yang merupakan penelitian non- hipotesis sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis. Sumber data penelitian ini adalah data primer adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung di lapangan oleh peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber yang ada seperti dari perpustakaan atau dari hasil-hasil penelitian terdahulu, buku-buku ilmiah, jurnal, dokumen, peraturan-peraturan yang tertulis, arsip-arsip yang ada hubungan dengan penelitian. Berdasarkan hasilpenelitian yang telah penulis lakukan bahwa nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam zakat fitrah yang dimulai dari pengumpulan sampai pendistribusi anter bentuk nilai-nilai pendidikan, diantaranya: peduli kaum dhuafa, berkarakter tanggungjawab, tumbuhnya sikap jujur dan amanah, berkepribadian disiplin dan tegas.Kompetensi social siswa yang dikembangkandari zakat fitrah, antara lain: berlomba dalam kebaikan, berkomunikasi dengan baik dan efektif, bergaul dengan baik dan efektif. Kontribusi nilai pendidikan dalam zakat bagi pengembangan kompetensi sosial siswa adalah berkembangnya nilai taqwa, nilai persaudaraan (ukhuwah), nilai solidaritas sosial, nilai keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Zakat, Kompetensi Kepribadian, sosial
Subjects: ?? HJ ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:09
Last Modified: 23 Jul 2021 02:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9242

Actions (login required)

View Item View Item