DESAIN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) DENGAN KONTEKS CERITA RAKYAT LEGENDA PULAU KEMARO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DI SMP IT BINA ILMI PALEMBANG

Sary, Rhona Febriany (2017) DESAIN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) DENGAN KONTEKS CERITA RAKYAT LEGENDA PULAU KEMARO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DI SMP IT BINA ILMI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Rhona F.S-12221084.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hypothetical Learning Trajectory (HLT) memiliki peran dalam membantu mengonstruksi ide matematika siswa dengan mengintegrasikan tujuan kegiatan pembelajaran dengan lintasan pembelajaran dan berpikir siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan HLT dengan konteks Legenda Pulau Kemaro pada pembelajaran matematika materi perbandingan senilai berdasarkan pendekatan PMRI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research. 17 siswa dan guru mata pelajaran matematika kelas VII SMP IT Bina Ilmi Palembang dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini berupa desain HLT yang dapat membantu siswa dalam mempelajari materi perbandingan senilai. HLT tersebut terdiri dari tiga aktivitas yang menggunakan cerita rakyat Legenda Pulau Kemaro sebagai langkah awal dalam mengidentifikasi ciri-ciri perbandingan senilai. Pola yang ditemukan siswa dimanfaatkan dalam menemukan berbagai strategi penyelesaian masalah perbandingan senilai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: HLT, Cerita rakyat, Legenda Pulau Kemaro, PMRI
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:06
Last Modified: 23 Jul 2021 07:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9264

Actions (login required)

View Item View Item