DEVI, SUMARNI (2017) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP 1 QURANIAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKRIPSI TIA ANGGRAINI.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental design dengan bentuk the posttest only control design yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh pembelajaran metode discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa di SMP 1 Quraniah Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang ada di SMP 1 Quraniah Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 125 siswa. Dari data populasi diambil sampel dengan menggunakan penentuan sampel teknik cluster sampling didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas VIII2 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan berupa tes yang berisi soal-soal matematika yang telah disesuaikan dengan indikator pemahaman konsep matematika. Tes dilaksanakan sesudah menggunakan metode pembelajaran discovery learning. Berdasarkan hasil analisis data di dapat hasil kemampuan pemahaman konsep yakni kelas eksperimen = 71 dan kelas kontrol = 61,04 dan untuk sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII di SMP 1 Quraniah Palembang
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 01:58 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 01:58 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9280 |
Actions (login required)
View Item |