PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA UNGGUL NEGERI 8 PALEMBANG

ERDANILA, HERDIANTI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA UNGGUL NEGERI 8 PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Erdanila Hardianti 13210082 FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran dapat menyebabkan siswa cepat merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga membuat motivasi belajar siswa menurun. Hal ini disebabkan karena masih banyaknya siswa yang bercanda pada saat guru menjelaskan materi pelajaran, adanya ketidakfokusan siswa dikarenakan keluar masuk kelas pada saat jam pelajaran berlangsung, berbicara tidak penting bersama teman sebangku, dan adanya siswa yang sering melamun serta membuat kegaduhan di dalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Giving Question and Getting Answer ini diharapkan siswa lebih termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Giving Question and Getting Answer pada kelas X mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Unggul Negeri 8 Palembang?, Bagaimana motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Giving Question and Getting Answer pada kelas X mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Unggul Negeri 8 Palembang?, Adakah perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Giving Question and Getting Answer dengan motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Giving Question and Getting Answer pada kelas X mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Unggul Negeri 8 Palembang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental method) yang menggunakan teknik post-test only control group design. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang, dengan sampel kelas X IPS 2 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer dan kelas X IPS 3 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisia data yang digunakan adalah analisa uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada pata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menguji signifikansi motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, digunakan rumus uji “t” dan diperoleh t0 sebesar 9,90. Perhitungan t0 dengan membandingkan tt baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf signifikan 1% adalah 2,00< 9,90 >2,65. Dengan demikian berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Jul 2021 01:58
Last Modified: 27 Jul 2021 01:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9283

Actions (login required)

View Item View Item