RIO, PAMBUDI (2018) PENGARUH MEMBACA CERPEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs NURUL AMAL PANCASILA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
RIO PAMBUDI 12210215.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Media Cerpen dapat menjadi variasi baru bagi pengembangan media dalam dunia pendidikan yang dapat menjadi alternatif bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menarik dan bermutu sehingga materi yang akan disampaikan guru bisa diserap oleh siswa dengan baik dan tentunya mampu meningkatkan hasil belajar yang optimal. Melihat fenomena yang terjadi di MTs Nurul Amal Pancasila, media pembelajaran yang digunakan masih menggunakan media yang konvensional sehingga memungkinkan siswa bosan dan tidak fokus dalam mengikuti proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pertama, bagaimana hasil belajar siswa sebelum penerapan media cerpen pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi dinasti abbasiyah kelas VIII di MTs Nurul Amal Pancasila. Kedua, bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan media cerpen Sejarah Kebudayaan Islam materi dinasti abbasiyah kelas VIII di MTs Nurul Amal Pancasila. Ketiga, apakah penerapan media cerpen dapat berpengaruh dengan hasil belajar siswa Sejarah Kebudayaan Islam materi dinasti abbasiyah kelas VIII di MTs Nurul Amal Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan Preeksperimental design dengan jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif serta menggunakan data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII tahun ajaran 2016-2017 dengan jumlah 212 siswa kemudian diambil sampel kelas VIII. 1 yang berjumlah 30 siswa. Sampel ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu di dalam pengambilan sampelnya atau penentuan sampel untuk tujuan tertentu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental research) dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes untuk mengetahui hasil belajar. Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi. Selanjutnya untuk menghitung pengaruh penggunaan Media Cerpen dengan hasil belajar siswa digunakan rumus tes “T”. Hasil belajar siswa sebelum penerapan media cerpen pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi dinasti abbasiyah kelas VIII di MTs Nurul Amal Pancasila Dapat dianalisis dari data yang diperoleh bahwa yang tergolong tinggi sebanyak 4 siswa (13, 33%), tergolong sedang sebanyak 20 siswa (66,67%) dan tergolong rendah sebanyak 6 siswa (20%). Hasil belajar siswa setelah penerapan media cerpen pada mata Sejarah Kebudayaan Islam materi dinasti abbasiyah kelas VIII. 1bahwa yang tergolong tinggi sebanyak 8 siswa (26,67%), tergolong sedang sebanyak 16 siswa (53,33%) dan tergolong rendah sebanyak 6 siswa (20%). Hasil t hitung yang diperoleh sebesar 14, 31 sedangkan pada taraf signifikan 5 % sebesar 2, 04 dan taraf signifikan 1 % sebesar 2, 76. Karena t hitung lebih besar dari pada t tabel dengan demikian hipotesis Alternatif diterima yaitu 2,04 < 14, 31 > 2, 76.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 01:59 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 01:59 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9284 |
Actions (login required)
View Item |