PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAKON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG

ENDANG, KUSMADEWI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAKON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
endang kusmadewi.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh penggunaan alat peraga dakon terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran Matematika di MI Najahiyah Palembang. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pertama,bagaimana penggunaan alat peraga dakon pada mata pelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Kedua, apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga dakon terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika materi FPB dan KPK di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga dakon terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen (Experimental Method). Bentuk desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah True Experiment Design dengan menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Najahiyah Palembang yang berjumlah 58 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel. Untuk mendapatkan data, peneliti melakukan post-test. Sedangkan untuk teknik analisis data peneliti menggunakan rumus test “uji-t”. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan ini setelah uji hipotesis ternyata ada pengaruh alat peraga dakon terhadap hasil belajar siswa, ini dilihat dari hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol. Kesimpulan dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, nilai ttabel untuk α = 0,05 dk = 56, yaitu ttabel = 2,0042 dan untuk α = 0,01, dk = 56, yaitu ttabel = 2,6344. Karena 2,0042 ˂ 3.9727 ˃ 2,6344 maka H0 ditolak yang artinya ada pengaruh alat peraga dakon terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika materi FPB dan KPK di MI Najahiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:01
Last Modified: 27 Jul 2021 02:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9292

Actions (login required)

View Item View Item