PENERAPAN MODEL KETERHUBUNGAN (CONNECTED MODEL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG

DESI FITRIA, ANGGRAINI (2016) PENERAPAN MODEL KETERHUBUNGAN (CONNECTED MODEL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESI FITRIA ANGGARA.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran dan hasil belajar siswa merupakan dua hal yang saling berhubungan, keduanya saling mendukung satu sama lain. Tercapaianya tujuan pembelajaran secara maksimal merupakan tujuan utama dari proses pembelajaran yang sebenarnya. Penerapan dan pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan hal yang sangat mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS terpadu. Demikian pula sebaliknya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS terpadu sangat dipengaruhi oleh penerapan dan pemilihan model pembelajaran yang tepat. Dari uraian di atas, tidak heran jika kemudian timbul asumsi dalam benak orang banyak bahwa idealnya seseorang (guru) yang dapat dikatakan berhasil dalam proses pengajarannya pada pembelajaran IPS terpadu yaitu seharusnya guru tersebut menciptakan hasil belajar siswa yang baik. Namun pada kenyataannya, pada saat ini guru kurang inovatif dan kreatif dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang tepat dalam menjelasakan materi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal, para guru kebanyakan yang monoton dalam menggunakan model pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga pada akhirnya tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak tercapai secara maksimal. Penelitian ini terfokus pada tiga permasalahan yaitu, bagaimana penerapan model keterhubungan (connected model) pada pembelajaran IPS terpadu siswa kelas V, bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS terpadu siswa kelas V, dan apakah ada pengaruh penerapan model keterhubungan (connected model) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Dalam mengambil objek penelitian, penulis mengambil populasi kelas V dan sebagai sampelnya kelas V.B yang berjumlah 35 siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Untuk mengambil data, penulis menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, untuk mengumpulkan data-data penulis menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, setelah data tersebut dikumpulkan kemudian direkapitulasi selanjutnya dianalisis menggunakan statistik yaitu mean, standar deviasi dan presentase, dan untuk mengetahui pengaruh antar variabel digunakan peta korelasi product moment. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisa terhadap data tentang penerapan model keterhubungan (connected model) terhadap hasil belajar siswa kelas V“r”=2,03 < 13,261 > 2,72. Ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) terbukti atau dapat diterima dan hipotesis nihil ditolak (Ho) artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model keterhubungan (connected model) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:02
Last Modified: 27 Jul 2021 02:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9295

Actions (login required)

View Item View Item