PENERAPAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZ-ZAHIR PALEMBANG

YUSMITA, YUSMITA (2016) PENERAPAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZ-ZAHIR PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUSMITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang.” Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana hasil belajar siwa kelas eksperimen yang diterapkan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) pada mata pelajaran fiqih di MI Az-Zahir Palembang. Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) pada mata pelajaran fiqih di MI Az-Zahir Palembang. Dan apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran fiqih di MI Az-Zahir Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) pada mata pelajaran fiqih di MI Az-Zahir Palembang. Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) pada mata pelajaran fiqih di MI Az-Zahir Palembang. Dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran fiqih di MI Az-Zahir Palembang. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini penulis mengambil kelas IV.A dan IV.B sebagai sampel dalam penelitian yang berjumlah 50 siswa. Adapun penelitian ini adalah penelitian lapangan jenis datanya bersifat kuantitatif, sedangkan sumber data diperoleh dari siswa, guru, kepala sekolah, arsip-arsip, dan literatur. Metode yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dengan penganalisisan menggunakan rumus statistik, yaitu rumus tes “t” untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dengan hasil belajar kelas kontrol yang tidak menggunakan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi). Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: pertama hasil belajar siswa yang menerapkan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) mendapatkan mean sebesar 85. Sedangkan presentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 5 orang siswa (20%), skor sedang 15 orang siswa (60%), dan skor rendah ada 5 orang siswa (20%). Kedua hasil belajar siswa yang tidak menerapkan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) mendapatkan mean sebesar 66. Sedangkan persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 6 orang siswa (24%), skor sedang ada 12 orang siswa (48%), dan skor rendah ada 7 orang siswa (28%). Ketiga penggunaan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran fikih materi zakat, hal ini dapat dilihat hasil uji hipotesis menggunakan uji t yaitu: perhitungan (to = 5,27) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts 5% = 2,01 dan ttts 1% = 2,68) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,01 < 5,27 > 2,68.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:02
Last Modified: 27 Jul 2021 02:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9306

Actions (login required)

View Item View Item