HUBUNGAN PEMBERIAN REINFORCEMENT DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS ‘AISYIYAH PALEMBANG

EVA, HASANAH (2016) HUBUNGAN PEMBERIAN REINFORCEMENT DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS ‘AISYIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EVA HASANAH.pdf

Download (596kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Hubungan Pemberian Reinforcement dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pertama, kurangnya perhatian siswa pada proses pembelajaran, kedua siswa kurang termotivasi dalam belajar, suasana pembelajaran yang kurang kondusif dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan pemberian reinforcement dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam memberikan reinforcement di MTs ‘Aisyiyah Palembang, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang dan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan pemberian reinforcement dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs, ‘Aisyiyah Palembang. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. kualitatif dalam penelitian terdiri dari data hasil serangkaian observasi dan dokumentasi, aktivitas siswa pada proses belajar mengajar akidah akhlak, keadaan personil sekolah, dan nama siswa di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Sedangkan data kuantitatif terdiri dari hasil perhitungan angket yang dilaksanakan oleh responden, jumlah guru, dan jumlah murid di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Sumber data primer dalam peneliti ini adalah kepala madrasah, siswa, dan guru akidah akhlak yang mengajar di kelas VIII MTs ‘Aisyiyah Palembang. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen sekolah di MTs ‘Aisyiyah Palembang serta buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu kelas seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 139 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII C dan VIII D yang berjumlah 68 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan rumus statistik TSR dan product moment. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam memberi reinforcement dinilai sedang karena setelah diuji kelompok sedang menempati persentase yang paling tinggi yaitu 39 responden (57,35%). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang termasuk dalam kategori sedang karena setelah diuji kelompok sedang menempati persentase yang paling tinggi yaitu 51 siswa atau 75% yang menyatakan demikian. Setelah dianalisis menggunakan korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian reinforcement dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs’ Aisyiyah Palembang. Dibuktikan dengan ݎ௫௬ (0,638) lebih besar dari pada rtabel , baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf 1% yaitu 0,232 < 0,638 > 0, 302

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Jul 2021 01:03
Last Modified: 28 Jul 2021 01:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9319

Actions (login required)

View Item View Item