PENGARUH PENERAPAN METODE QUANTUM READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 1 SUKARAJA KECAMATAN PEDAMARAN

ERDANIA, ERDANIA (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE QUANTUM READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 1 SUKARAJA KECAMATAN PEDAMARAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI%20ERDANIA-converted[1].pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Metode Quantum Reading terhadap Kemampuan Membaca Cepat Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SD Negeri 1 Sukaraja Keamatan Pedamaran”.. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca cepat siswa sebelum dan sesudah menerapkan metode quantum reading dalam pembelajaran membaca cepat siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa indonesia di SD Negeri 1 Sukaraja Kecamatan Pedamaran. Untuk mendeskripsikan pengaruh metode quantum reading dalam kemampuan membaca cepat siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa indonesia di SD Negeri 1 Sukaraja Kecamatan Pedamaran. Quantum reading adalah suatu metode atau cara cepat dan bermanfaat untuk merangsang munculnya potensi membaca, sedangkan membaca cepat adalah membaca dengan kecepatan tinggi, hampir keseluruhan materi dibaca dalam waktu tertentu yang disertai dengan pemahaman isi 70%. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan sumber datanya yaitu data primer dan data sekunder. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian eksperimen (experimental method) dengan menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design (nondesigns) Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Sukaraja yang berjumlah 26 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V sebanyak 32 siswa, sehingga teknik pengambilan sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Untuk mendapatkan data, peneliti melakukan wawancara kepada guru, obervasi, tes dan dokumentasi kepada siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 3 Sukaraja Kecamatan Pedamaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis statistik uji “t’ Hasil analisis data kemampuan membaca cepat menunjukkan suatu peningkatan yang signifikan, yaitu dari rata-rata pretest 110.88 KPM tergolong kurang sekali menjadi pada rata-rata posttest 165.93 KPM tergolong sedang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dinyatakan thitung > ttabel atau 34.514 > 1.697, maka tolak Ho dan terima Ha, berarti hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode quantum reading terhadap kemampuan membaca cepat siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Sukaraja diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Jul 2021 01:04
Last Modified: 28 Jul 2021 01:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9331

Actions (login required)

View Item View Item