PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LIQUID DISPLAY (LCD) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG

LIBERTI, LIBERTI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LIQUID DISPLAY (LCD) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LIBERTI 13210154.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru memiliki tujuan agar materi pelajaran yang disampaikan dapat dipahami oleh seluruh siswa yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Media LCD dapat mebantu guru dalam menjelaskan meteri pelajaran dengan mudah dan menarik sehingga dapat membuat anak lebih bergairah dan bersemangat dalam mengikuti proses belajar. LCD (Liquid Crystal Display) merupakan salah satu alat optik elektronik. sistem optiknya efisien yang menghasilkan cahaya amat terang tanpa mematikan (menggelapkan) lampu ruangan, sehingga dapat memproyeksikan tulisan, gambar, atau tulisan dan gambar yang dapat dipancarkan dengan baik ke layar. LCD dimanfaatkan untuk menampilkan program yang ada pada komputer seperti: gambar (pictures), warna (colours), dan gerakan (animated). Dengan LCD pesan dirancang dalam komputer dan hasilnya di proyeksikan ke layar. Penggunaan LCD menuntut adanya rancangan program yang dikembangkan secara profesional sehingga efektifitas penggunaan dapat tercapai dengan baik. Cara penggunaan media LCD guru sebaknya udah dapat mengoperasikan LCD proyektor dan komputer atau laptop, mencantumkan point-point penting saja dalam power point, gunakan warna-warna yang menarik, gunakan animasi secukupnya agar tidak banyak membuang waktu. Adapun hasil penelitian ini yaitu hasil observasi menunjukkan bahwa penggunaan media LCD pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong baik. Minat belajar siswa pada kelas eksperimen tergolong baik dilihat dari 31 responden 7 siswa tergolong tinggi (22,5%) tergolong sedang 18 siswa (58,06%) dan tergolong rendah 6 siswa sebanyak (19,3%). Dan dari 31 responden pada kelas kontrol menunjukkan ada penurunan minat belajar siswa ketika tidak diterapkan nya media LCD hal ini dapat dilihat dari siswa yang minat belajar nya tinggi hanya 4 siswa (12,9%) sedangkan minat belajar siswa yang tergolong sedang sebanyak 21 orang (67,7%) dan minat belajar siswa terendah sebanyak 6 siswa (19,3%) berarti ketika media LCD diterapkan minat belajar siswa akan naik seperti yang terjadi dikelas eksperimen sedangkan minat belajar di kelas kontrol yang tidak digunakan media LCD pada mata pelajaran kitab-kitab allah terlihat rendah minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji coba penilaian terlihat kelas eksperimen skor My = 54 dibandingkan dengan minat belajar siswa kelas kontrol skor Mx = 47 hal ini menunjukkan mengalami peningkatan ketika digunakan media LCD. Sedangkan untuk uji perbandingan di dapatkan kesimpulan setelah membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu (2,00 < 4,76 > 2,65).oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini berarti terdapat pengaruh media LCD terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Jul 2021 01:05
Last Modified: 28 Jul 2021 01:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9339

Actions (login required)

View Item View Item