HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP PELAKSANAAN KULTUM DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG

ARINI ALPA, KHAEROH (2017) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP PELAKSANAAN KULTUM DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ARINI ALPA KHAEROH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan tidak bisa dipisahkan dari akhlak, karena pada dasarnya tujuan pendidikan dalam Islam, adalah membentuk perilaku anak didik menjadi lebih baik dan mulia. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk membina akhlak serta memotivasi siswa dalam belajar yaitu dengan mengisi jam ke-0 (nol) dengan pelaksanaan kultum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi terhadap pelaksanaan kultum dengan motivasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 3 Palembang. Adapun Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana pelaksanaan kultum siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 3 Palembang?, kedua, bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 3 Palembang?, ketiga,adakah hubungan antara persepsi pelaksanaan kultum dengan motivasi belajar siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 3 Palembang? Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif, sesuatu penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan angket. Analisa data penelitian ini menggunakan rumus statistik mencari angka indeks korelasi “r”Product Momentitu perhitungannya didasarkan pada Deviasi Standar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan persepsi terhadap pelaksanaan kultum dengan motivasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 3 Palembang terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi pelaksanaan kultum dengan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 3 Palembang. Dari hasil analisis hasil angket pada tabel 4.2 dapat diketahui bahwa persepsi pelaksanaan kultum berada pada kategori sedang sebanyak 8 orang siswa dengan persentase (0,44%), sedangkan motivasi belajar siswa pada kategori sedang sebanyak 11 orang siswa dengan persentase (0,61%). Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa adanya hubungan antara persepsi pelaksanaan kultum dengan motivasi belajar siswa di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Palembang yang dikategorikan tinggi, hal ini dilihat dari hasil rxy 0,782 tersebut lebih besar sari harga rtabel pada taraf 5% sebesar 0,468, taraf 1% sebesar 0,590, oleh karena itu taraf signifikannya: 0,468 < 0,782 > 0,590.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Jul 2021 01:05
Last Modified: 28 Jul 2021 01:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9341

Actions (login required)

View Item View Item