ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENGGUNAKAN KATA PENGHUBUNG DALAM KALIMAT MAJEMUK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

TRENGGINAS, RAYI (2017) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENGGUNAKAN KATA PENGHUBUNG DALAM KALIMAT MAJEMUK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata penghubung merupakan kata yang berfungsi untuk menghubungkan kata dengan kata dalam suatu kalimat, kata penghubung memegang peranan penting dalam pembentukan suatu kalimat, salah satunya adalah kalimat majemuk. Dengan menggunakan kata pengubung juga, maka makna yang terdapat dalam suatu kalimat bisa dipahami. Ada beberapa kata penghubung yang digunakan dalam kalimat majemuk, diantaranya kata penguhubung dan, kata penghubung atau, kata penghubung kemudian dan kata penghubung tetapi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa menggunakan kata penghubung pada kalimat majemuk setara?, apa penyebab kesulitan siswa menggunakan kata penghubung pada kalimat majemuk setara?, bagaimana upaya guru mengatasi kesulitan siswa menggunakan kata penghubung pada kalimat majemuk setara?. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menggunakan kata penghubung dalam kalimat majemuk setara, untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa menggunakan kata penghubung dalam kalimat majemuk setara, untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan siswa menggunakan kata penghubung dalam kalimat majemuk setara di MI Ma’had Islamy Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah tiga orang dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V. Adapun alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data dan verifikasi data. Kemampuan siswa menggunakan kata penghubung dalam kalimat majemuk setara mata pelajaran bahasa Indonesia masih tergolong rendah terlihat dari penggunaan kata penghubung dan, atau dan kemudian yang kurang sesuai dengan kaedah kata penghubung. Penyebab siswa mengalami kesulitan siswa menggunakan kata penghubung dalam kalimat majemuk setara adalah media (buku) bahasa Indonesia yang belum disiapkan sekolah, kurangnya metode pembelajaran yang bervariasi, peserta didik yang belum dapat mebedakan menempatkan kata penghubung dan, atau dan kemudian pada kalimat majemuk setara, fasilitas belajar kurang memadai. Upaya guru bahasa Indonesia untuk mengatasi kesulitan siswa menggunakan kata penghubung dalam kalimat majemuk setara yaitu di antaranya: memberikan motivasi kepada siswa, memperbanyak melatih siswa untuk menulis kalimat majemuk dengan kata penghubung dan, atau dan kemudian, menggunakan metode yang lebih kreatif, mengadakan latihan atau tes setiap kegiatan pembelajaran, mengadakan remidial bagi siswa yang nilainya belum mencukupi KKM, memberikan tugas (PR).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Jul 2021 01:07
Last Modified: 28 Jul 2021 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9351

Actions (login required)

View Item View Item