PERAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH SYAFA’ATUT THULAB BAKUNG OGAN ILIR

ERINA, ERINA (2017) PERAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH SYAFA’ATUT THULAB BAKUNG OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
erina (12270045).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Media Strip Story Terhadap Kemampuan Menghafal Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadits Di MI Syafa‟atut Thulab Bakung Ogan Ilir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan media strip story pada mata pelajaran al-Qur‟an Hadits siswa kelas V di MI Syafa‟atut Thulab Bakung Ogan Ilir? Bagaimana kemampuan menghafal siswa kelas V sebelum dan sesudah diterapkannya media strip story pada mata pelajaran al�Qur‟an Hadits di MI Syafa‟atut Thulab Bakung Ogan Ilir? Bagaimana pengaruh peran media strip story terhadap kemampuan menghafal siswa kelas V pada mata pelajaran al-Qur‟an Hadits di MI Syafa‟atut Thulab Bakung Ogan Ilir?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari media strip story terhadap kemampuanmenghafal siswa keas V pada mata pelajaran al-Qur‟an Hadits di MI Syafa‟atut Thulab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MI Syafa‟atut Thulab yang berjumlah 108 orang siswa, teknik mengambilan sampel adalah teknik cluster sampling Sampel penelitian ini yaitu kelas V berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Sedangakan teknik analisis data yang digunakan adalah uji stasistik tes “ t “. Dari analisis tersebut maka diperoleh hasil penelitian yaitu; hasil uji “t” didapat thitung > ttabel yaitu thitung = 11,59 dan ttabel dengan taraf signifikan 5% (11,59>2,11) sedangkan taraf signifikasi 1% (11,59>2,90) maka dapat kita ketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,11<5,69>2,90. Dengan demikian to lebih besar daripada tt baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1%, maka hipotesis nihil yang diajukan dimuka ditolak, ini berarti adanya perbedaan skor hasil belajar al-Qur‟an Hadits antar sebelum dan sesudah diterapkan media strip story merupakan perbedaan yang berarti atau perbedaan meyakinkan (signifikan), jadi dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh peran media strio story yang signifikan terhadap kemampuan meghafal siswa kelas V pada mata pelajaran al-Qur‟an Hadits diMadrasah Ibtidaiyah Syafa‟atut Thulab Bakung Ogan Ilir.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Jul 2021 01:07
Last Modified: 28 Jul 2021 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9352

Actions (login required)

View Item View Item