PENGARUH PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUNAWARIYAH PALEMBANG

YENI, AFRIANTI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUNAWARIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SIAP DI KASETKAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang”. Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih belum mencapai kriteria ketentuan minimal yang sudah ditetapkan. Rendahnya hasil belajar siswa itu disebabkan masih banyaknya siswa yang kurang respon terhadap materi pada saat proses pembelajaran Matematika berlangsung, sehingga guru melakukan inovasi penerapan model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Course Review Horay untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang yang berjumlah 129 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sumber data adalah siswa kelas V dan guru Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Analisis data menggunakan rumus statistik uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa kelompok eksperimen (kelompok yang menerapkan model course review horay) memperoleh nilai rata-rata 70 dengan kategori nilai tinggi ada 15 orang siswa (34%), nilai sedang ada 19 orang siswa (43%), dan nilai rendah ada 10 orang siswa (23%). Sedangkan hasil belajar siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak menerapkan model course review horay) memperoleh nilai rata-rata 60 dengan kategori nilai tinggi ada 4 orang siswa (9%), nilai sedang ada 25 orang siswa (57%), dan nilai rendah ada 15 orang siswa (34%). Penggunaan model course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t yaitu: perhitungan (to=8,67) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts 5% =1,98 dan ttts 1% = 2,63) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 1,98 < 8,67 >2,63.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Jul 2021 01:07
Last Modified: 28 Jul 2021 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9353

Actions (login required)

View Item View Item