VUSPA, LICIA SIN (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
LICIA SIN VUSPA (12210122).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk mampu memilih media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan bahan ajar kepada siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami dan mengingat kembali bahan ajar yang disampaikan oleh guru, dan membuat daya tarik kepada siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran video pada mata pelajaran Fikih di MTs Patra Mandiri Plaju, bagaimana motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran video pada mata pelajaran Fikih di MTs Patra Mandiri Plaju, dan adakah pengaruh media pembelajaran video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Patra Mandiri Plaju. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Patra Mandiri Plaju. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan menggunakan design penelitian One- Group Pretest-Posttest Design, yaitu dapat membandingkan dengan keadaan sebelum dan setelah diperlakukan. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Kemudian yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 120 orang, dimana terdiri dari 4 kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus tes “t”. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, bahwa media pembelajaran video mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih, karena berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada thitung adalah jauh lebih besar dari pada “t” tabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (2,05 < 13,69 > 2,76). Dilihat dari hasil motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran video meningkat, hal ini terlihat dari nilai rata-rata (mean) 63,48 meningkat menjadi 69. Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukkkan bahwa media pembelajaran video memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Patra Mandiri Plaju. Hal ini terlihat dari partisipasi siswa yang aktif ketika proses pembelajaaran berlangsung dan hasil motivasi belajar siswa yang meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 07 Jul 2017 01:31 |
Last Modified: | 07 Jul 2017 01:31 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/936 |
Actions (login required)
View Item |