PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREASURE CLUE TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUNAWARIYAH PALEMBANG

HARDIANTI, SAPTARINA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREASURE CLUE TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUNAWARIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1fiks.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diletarbelakangi oleh permasalahan kurang maksimalnya penggunaan model pembelajaran. Setelah menggunakan model pembelajaran diharapkan kreativitas belajar siswa dapat meningkat dan tujuan dari pembelajaran bisa tercapai dengan maksmimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kreativitas belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran treasure clue pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Munawariyah Palembang? (2 )Bagaimana kreativitas belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran treasure clue pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Munawariyah Palembang? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran treasure clue terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Munawariyah Palembang? Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan design penelitian true eksperimental design dan design penelitian ini adalah posttest control group design.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan TSR dan uji t. Setelah melakukan perhitungan dan analisis data, df atau db= (N1+N2-2=29+29- 2=56 (konsultasi tabel nilai “t”). Ternyata dalam tabel tidak ditemui df sebesar 56, karena itu dipergunakan df yang terdekat yaitu 60, dengan df 60 diperoleh ttabel 5% =2.00 dan 1%=2.65, karena t0 telah diperoleh sebesar 7.575 sedangkan tt = 2.00 dan 2.65 maka to adalah lebih besar dari tt , baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1%, dengan rincian ttts 5% < to > ttts 1% = 2.00 < 7.575 > 2.65. Dengan demikian hopotesis nihil yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran treasure clue terhadap kreativitas belajar siswa kelas V di MI Munawariyah Palembang tidak diterima / ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran treasure clue terhadap kreativitas belajar siswa kelas V di MI Munawariyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Jul 2021 02:24
Last Modified: 29 Jul 2021 02:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9379

Actions (login required)

View Item View Item