EVALUASI PROGRAM REMEDIAL DI MTS DARUL ULUM KECAMATAN PULAU RIMAU DAN MTS SABILUL HASANAH KECAMATAN SEMBAWA KABUPATEN BANYUASIN

NUNUNG, PAIJAH (2019) EVALUASI PROGRAM REMEDIAL DI MTS DARUL ULUM KECAMATAN PULAU RIMAU DAN MTS SABILUL HASANAH KECAMATAN SEMBAWA KABUPATEN BANYUASIN. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1-V-1 yang revisi 26 agustus 2019 ujian terbuka nunung.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evaluasi Program Remedial Di MTs Darul Ulum Kecamatan Pulau Rimau dan MTs Sabilul Hasanah yang meliputi, Context Evaluation (Evaluasi Konteks), Input Evaluation (Evaluasi Input), Process Evaluation ( Evaluasi Proses), dan Product Evaluation (Evaluasi Produk). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Uji Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian Evaluasi Program Remedial Di MTs Darul Ulum Kecamatan Pulau Rimau dan MTs Sabilul Hasanah Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin, hasil penelitian menunjukan.Pertama dari context evaluation (evaluasi konteks), di MTs Darul Ulum dan MTs Sabilul Hasanah, guru sudah memahami konsep pembelajaran remedial dengan cukup baik. Program remedial dibutuhakan untuk memenuhi kebutuhan/hak anak. Dalam program pembelajaran remedial guru akan membantu peserta didik, untuk memahami kesulitan belajar yang dihadapinya, mengatasi kesulitannya tersebut dengan memperbaiki cara belajar dan sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal. Kedua dari input evaluation (evaluasi input), di MTs Darul Ulum Kecamatan dan MTs Sabilul Hasanah dewan guru, kepala madrasah dan siswa mengharapkan melalui program remedial yang akan mereka laksanakan dapat memberikan bimbingan belajar yang lebih baik lagi, sehingga kesulitan belajar yang dialami siswa dapat teratasi, dan nilai evaluasi siswa dapat mencapai KKM yang telah ditentukan melalui proses perbaikan. Ketiga dari process evaluation (evaluasi proses), maka program remedial untuk pembelajaran di MTs Darul Ulum dan MTs Sabilul Hasanah terlaksana dengan baik. Hal tersebut didukung pada temuan penelitian ini dimana kesesuaian waktu pelaksanaan, treatmen yang digunakan hingga pada pelaksanaan pembelajaran renedial telah terlaksana dengan baik.Namun dari segi diagnosa masih perlu perbaikan dan belum terlaksana secara cermat. Keempat dari product evaluation (evaluasi produk), maka Program Pembelajaran Remedial untuk Pembelajaran di MTs Darul Ulum dan MTs Sabilul Hasanah telah memperoleh hasil yang baik. Hal tersebut didukung oleh temuan penelitian yang menunjukkan bahwa seluruh siswa yang mengikuti program remedial di MTs Darul Ulum dan MTs Sabilul Hasanah telah memperoleh hasil yang baik sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapakan. Namun dari segi kemampuan dalam mengatasi hambatan-hambatan belajar yang menjadi latar belakang kesulitan belajar siswa belum menjunjukkan hasil yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Jul 2021 02:25
Last Modified: 29 Jul 2021 02:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9394

Actions (login required)

View Item View Item