YOHANA, MIMI (2016) HUBUNGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH SU-1 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
MIMI YOHANA (12270089).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan sebuah proses yang bernilai edukatif, didalamnya terjadi interaksi antara guru dan anak didik (siswa). Mengajar bukan sekedar menyampaikan materi kepada peserta didik. Mengajar merupakan suatu proses mengubah perilaku siswa baik secara intelektual, sikap maupun keterampilan yang dimiliki kearah yg diharapkan. Dengan demikian, dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Model Examples Non Examples yang diterapkan memberi ruang dan kesempatan yang luas kepada setiap siswa saling memberikan informasi dan saling membelajarkan. Sedangkan Keterampilan Bertanya yang digunakan untuk mendapatkan jawaban/ balikan dari siswa lain. Karena hampir seluruh evaluasi, pengukuran, penilaian dan pengujian dilakukan melalui proses pertanyaan. Permasalahan pada penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Examples Non Examples pada Mata Pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU-1 Palembang? Bagaimana Keterampilan Bertanya pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU-1 Palembang? Adakah Hubungan Model Examples Non Examples dengan Keterampilan Bertanya Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah SU-1 Palembang? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumen dan tes. Dengan teknik analisis datanya menggunakan rumus statistik yaitu Korelasi “r” Product Moment. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: Pertama, Penerapan Model Examples Non Examples pada pembelajaran IPA di kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Palembang berdasarkan analisis observasi siswa tergolong sangat baik.. Kedua, Keterampilan bertanya Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU-1 Palembang sebelum penerapan model pembelajaran examples non examples di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU-1 Palembang tergolong sedang atau tergolong kondisi yang cukup baik, setelah digunakan model Examples non Examples tergolong kondisi yang cukup baik, yaitu ada 12 dari 17 keseluruhan responden dengan tingkat persentase 71 %. 3 responden dengan persentase 17 % ( baik ) dan 2 responden dengan persentase 12 % (tidak baik). Ketiga, Terdapat Hubungan Model Examples Non Examples Terhadap Keterampilan Bertanya Siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU-1 Palembang. Hal ini bisa dilihat dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan (to = 0,969) dan besarnya “t” yang tercantum pada table nilai t (tt.ts. 5% = 0,482 dan tt.ts. 1% = 0,606) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari tt yaitu 0,482<0,969>0,606. Karena to lebih besar dari tt maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti menunjukkan Terdapat Hubungan Model Examples Non Examples Terhadap Keterampilan Bertanya Siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU-1 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 02:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2017 02:05 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/951 |
Actions (login required)
View Item |