POLITIK PENCITRAAN MELALUI METRO TV SEBAGAI MEDIA PEMENANGAN PASANGAN CALON JOKOWI - MA’RUF

Munser ZL, Munser ZL (2020) POLITIK PENCITRAAN MELALUI METRO TV SEBAGAI MEDIA PEMENANGAN PASANGAN CALON JOKOWI - MA’RUF. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
MUNSER ZL.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Media massa menjadi sangat ampuh dalam menyampaikan informasi kepada khalayak umum. Namun dalam proses penyampaian informasi oleh media tidak semua peristiwa diberitakan, ada proses seleksi berita yang layak diberitakan atau tidak. Penelitian ini membahas tentang politik pencitraan yang dilakukan Metro TV untuk mendukung pasangan calon Jokowi-Ma’ruf pada pemilihan umum 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencitraan yang dilakukan oleh pasangan calon Jokowi-Ma’ruf melalui Metro TV sebagai media pemenangan dan upaya yang dilakukan oleh Metro TV dalam membuat citra positif pasangan Jokowi�Ma’ruf. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Framing dengan paradigma pertukaran makna atau disebut konstruksionis, serta menggunakan metode analisis Framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki sebagai ujung tombak analisa, teknik mengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode dokumentasi pada rekaman/dokumen yang di download dari laman You Tube resmi Metro TV. Penelitian ini menunjukan bahwa Metro TV terlibat dan terlihat keberpihakkan atas beritanya terhadap Jokowi-Ma’ruf dengan cara membukus setiap pemberitaanya kedalam pencitraan positif sehingga dapat mempengaruhi pandangan publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:45
Last Modified: 06 Sep 2021 06:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9589

Actions (login required)

View Item View Item