PENERAPAN STRATEGI PBAS (PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS X MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG

Junita, Tita (2021) PENERAPAN STRATEGI PBAS (PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS X MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
A. BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E. BAB V.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Tita Junita, Dr. H. Akmal Hawi M.Ag dan Sukirman M.Si Tahun 2021. Penerapan Strategi PBAS (Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Al�Fatah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui Bagaimana Hasil Belajar Siswa pada Kelas Kontrol di kelas X Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang 2). Mengetahui Bagaimana Hasil Belajar Siswa pada Kelas Kontrol di Kelas X Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang 3). Untuk Mengetahui Apakah Penerapan Strategi PBAS (Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa) dapat Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas X Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Posstes – Ony Control Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Selanjutnya dalam penelitian metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, dan dokumentasi.dan teknik analisis data menggunakan uji tes t. Hasil belajar yang diperoleh adalah penerapan strategi PBAS (Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa) dilaksanakan dalam 3 tahap perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 1 dan yang dijadikan kelas kontrol yaitu kelas X MIA 2 dengan hasil hipotesis uji t: (t0 =6,142) dan besar t yang tercantum pada tabel nilai t (ttabel 5%=2,02 dan ttabel 1%= 2,71) hipotesis yang diajukan diterima yaitu 2,02<6,124>2,71, dan hipotesis nihil ditolak. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar dengan diterapkan strategi PBAS (Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: PBAS ( Pembelajaran berorientasi aktivitas siswa)
Subjects: ?? L1 ??
?? LA ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:23
Last Modified: 08 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9625

Actions (login required)

View Item View Item