DINDA, DINDA (2021) PENERAPAN METODE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AS SALAM PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
Full text not available from this repository.Abstract
Metode Structured Dyadic Methods merupakan cara belajar siswa berpasangan yang beranggotakan setiap pasangan dua orang siswa. Ada siswa yang berperan sebagai tutor dan siswa yang lain berperan sebagai tutee. Pasangan tutor seorang siswa berperan sebagai “tutor” dan siswa lain sebagai “yang ditutor/tutee”. Tutor itu menyajikan atau menanyakan suatu masalah kepada tutee. Jika tutee mampu menjawabnya dengan tepat, ia memperoleh poin. Jika tidak, tutorlah yang menyediakan jawabannya, lalu tutee menulis jawaban itu sebanyak tiga kali, membaca kembali jawaban itu dengan tepat, atau bahkan mengoreksi kesalahan yang mungkin terdapat dalam satu jawaban itu. Setiap 10 menit, tutor dan tutee berganti peran. Penghargaan diberikan kepada pasangan-pasangan yang mampu memperoleh poin terbanyak setiap harinya. Mata pelajaran fiqih adalah mata pelajaranyang membahas tentang tata cara�cara pelaksanaan rukun islam mulai dari ketentuan dan tata cara pelaksanaan tharah, shalat, puasa, zakat, sampai dengan pelaksanaan ibadah haji dan lain lain. Dalam penelitian ini saya mengambil materi tentang makanan halal dan haram.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode Structured Dyadic Methods di MTs As Salam Palembang, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MTs As Salam Palembang, adakah pengaruh penerapan metode Structured Dyadic Methods terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas VIII di MTs As Salam Palembang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan yang bersifat eksperimen yang menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan rumus Prosentase dan teknik analisis tes “t” yang digunakan untuk menguji kebenaran hipotesa nihil yang diajukan oleh peneliti. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 1 dan VIII yang berjumlah 184 siswa diambil 33% dengan teknik Random Sampling maka sampel berjumlah 60 siswa. Sedangkah pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes soal dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bisa dilihat dari analisis data yaitu niliai thitung sebesar 2,5, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara variabel x dan variabel y dengan taraf signifikansi 5% (1,67) maupun taraf signifikansi 1% (2,39), dan n = 60, uji satu pihak df = (N1+N2) – 2 = 30 + 30 – 2 = 58. Ternyata thitung > ttabel yaitu 1,67< 2,5 > 2,39, maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara metode SDM terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqh kelas VIII di MTs As Salam Palembang
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Metode Structured Dyadic Methods, Hasil Belajar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 04:24 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 04:24 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9636 |
Actions (login required)
View Item |