NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF H.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

LISTIAWANTI, LISTIAWANTI (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF H.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara multikultural, yang dibuktikan dengan keragaman yang tercermin pada berbagai macam bahasa, budaya, agama dan kepercayaan, seperti Islam, Kristen, Budha dan Hindu yang disebabkan oleh letak geografis yang luas dan sosio kulturnya. Keragaman menjadi kekuatan tersembunyi, namun keragaman juga terkadang menjadi penyebab timbulnya persoalan. Penelitian ini difokuskan pada pemikiran H.A.R Tilaar mengenai nilai-nilai pendidikan multikultural dan relevansinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data dalam penelitian ini berasal dari buku-buku karya H.A.R Tilaar dan data penunjang lainya berupa buku, jurnal, artikel, yang membahas atau berkaitan dengan pemikiran H.A.R Tilaar mengenai pendidikan multikultural. Langkah dalam penelitan ini dengan menggali ide umum dan mencari informasi tentang topik penelitian, membuat catatan penelitian, meriview dan menuliskannya. Dalam pengolahan data dirancang dengan teknik analisis dan sintetis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pendidikan multikultural perspektif H.A.R Tilaar menerapkan pendidikan yang membudaya atau berbudaya dengan mengajarkan nilai-nilai pendidikan berupa toleransi, menghargai perbedaan, penghormatan terhadap HAM, akhlak mulia dan sopan santun, sehingga peserta didik tidak hanya cerdas dalam intelektualnya namun sadar akan keberagaman bangsanya. Adapun relevansinya dalam pendidikan Islam adalah kesamaan diantara keduanya dalam mencapai tujuan pendidikan yang melibatkan budaya dan keadaan sosial masyarakat, kemudian memiliki prinsip dasar memberikan penghormatan terhadap HAM. Selain itu pemikiran H.A.R Tilaar mengenai pendidikan multikultural relevan dengan tujuan dalam pendidikan Islam. Islam di jelaskan bahwa tujuan pendidikan Islam adalah sama dengan tujuan diciptakanya manusia yaitu beribadah kepada Allah. Membentuk manusia untuk menjadi pemersatu bangsa dengan menghargai perbedaan serta keberagaman yang disebut sebagai ibadah mahdlah. Kaitanya dengan pendidikan multikultural adalah agama memiliki dasar-dasar yang kuat dalam menerapkan pendidikan. usaha yang dapat dilakukan dalam internalisasi pendidikan multikultural dalam pendidikan Islam adalah dengan mempertajam nilai-nilai multikulturalisme dalam kurikulum, mengembangkan budaya lokal dan meningkatkan pemahaman pendidik terhadap materi multikultural.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: MULTIKULTURAL, RELEVANSI, PRINSIP, TUJUAN
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:24
Last Modified: 08 Sep 2021 04:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9637

Actions (login required)

View Item View Item