IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MANDIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI BITIS KECAMATAN GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM

TRIANA, REVIKA (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MANDIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI BITIS KECAMATAN GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini, yaitu motivasi belajar siswa rendah. Terlihat dari proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung, siswa kurang respon terhadap materi. Banyak siswa yang kurangnya rasa mandiri, kerja sama dalam melakukan sesuatu. Misalnya seorang guru memberikan tugas kepada siswa pada kelas tersebut dan yang hanya mengerjakan dengan mandiri hanya beberapa orang saja yang lain hanya mencontoh bahkan bermalas-malasan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Penelitian ini menggunakan lapangan (field research) yaitu dengan mengadakan penelitian terhadap objek yang akan dituju untuk memperoleh data yang benar dan terpercaya. Penelitian yang dilaksanakan di lapangan adalah meneliti masalah yang sifatnya kualitatif, yakni prosedur data penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari para guru dan siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diatas maka dalam memotivasi siswa dalam belajar di MIN Bitis sudah memberikan motivasi, hal ini sesuai dengan wawancara dan observasi terhadap guru dan siswa. Guru menegur siswa yang terlambat, guru datang lebih cepat datang ke sekolah dari pada siswa, mengajak untuk melaksankan shalat, mengingatkan kerja sama untuk melaksankan piket kelas kepada seluruh siswa, bertanggung jawab dalam tugas yang telah diberikan dan mandiri dalam mengerjakan tugas tidak mengandalkan satu orang saja, ketika mengajar dikelas guru menambahkan buku-buku yang berkaitan dengan pelajaran, sehingga memudahkan kegiatan belajar mengajar, guru tepat waktu masuk ke kelas, dan membiasakn berdo’a dan tadarus bersama sebelum belajar, memberikan motivasi dan menyuruh siswa untuk mengulangi pelajaran yang telah diberikan disekolah pada saat lagi di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Mandiri, Motivasi Belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:24
Last Modified: 08 Sep 2021 04:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9643

Actions (login required)

View Item View Item