Implementasi Hidden Curriculum Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan: Studi Kasus

syarifudin, Ahmad and Sutisna, Dede and Cahyadi, Ani and PADJRIN, PADJRIN and CHOLIDI, CHOLIDI (2021) Implementasi Hidden Curriculum Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan: Studi Kasus. Intizar, 27 (1). pp. 57-65. ISSN 2477-3816

[img]
Preview
Text
downloadfile.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pembinaan keberagamaan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dan implementasi hidden curriculum di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif analitis, maka dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan analisis datanya menggunakan analisis data model Milles dan Huberman, yaitu melalui proses reduksi, display dan verifikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi hidden curriculum dalam ekstrakurikuler keagamaan melalui tiga cara yaitu 1) kegiatan rutin yaitu doa bersama, salat zuhur berjamaah, salat Duha, salaman pagi, dan silaturahmi siswa dengan guru; 2) kegiatan mingguan yaitu Tahsinul Qur’an, Marhaba, Barzanji, Muhadhoroh, dan salat Jumat; dan 3) keteladanan guru yaitu kedisplinan, silaturahmi dewan guru, berpakaian rapi dan sopan, dan hidup Bersih.

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Kurikulum
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat )
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:04
Last Modified: 21 Jan 2022 03:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9667

Actions (login required)

View Item View Item