STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KOPERASI KONSUMEN WARMART VETERAN UTAMA 212 MART PALEMBANG)

Parina, Elin (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KOPERASI KONSUMEN WARMART VETERAN UTAMA 212 MART PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
Elin Parina.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Aksi besar-besaran pada tanggal 2 Desember Tahun 2016 yang kemudian dikenal dengan peristiwa 212 aksi bela Islam, merupakan peristiwa yang melekat dalam ingatan umat Muslim. Aksi tersebut melahirkan ide dari alumninya untuk membangun perekonomian berwujud koperasi yang kemudian kini dikenal dengan Koperasi Syariah 212. Hadirnya 212 Mart membuat peneliti tertarik untuk membuat penelitian terkait strategi komunikasi pemasaran, mengingat 212 Mart merupakan pendatang baru di dunia ritel. Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Upaya Konsumen Warmart Veteran Utama 212 Mart Palembang)”. Penelitian ini bermaksud menjawab dua rumusan masalah yaitu, (1) bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan 212 Mart yang ada di Kota Palembang dalam upaya meningkatkan omset penjualan? (2) faktor apa yang mendukung upaya peningkatan omset penjualan pada 212 Mart yang ada di Kota Palembang?. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan beberapa informan untuk melakukan wawancara dan observasi. Sumber data yang digunakan adalah informasi dari pengamatan langsung ke lokasi penelitian dengan cara observasi dan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan 212 Mart Palembang adalah dengan menggunakan teori IMC (Integrated Marketing Communication) yang berisi pola periklanan, pemasaran langusng, hubungan masyarakat, event dan publisitas, personal selling, dan promosi penjualan, serta menggabungkan dengan teori Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Place, dan Promotion). Adapun yang menjadi faktor pendukung upaya peningkatan omset penjualan 212 Mart Kota Palembang adalah strategi promosi penjualan melalui personal selling.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2021 08:01
Last Modified: 09 Sep 2021 08:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9685

Actions (login required)

View Item View Item