ANALISIS PEMASARAN JASA INFORMASI DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG

Ruri Rahma Dhanti, PENULIS and Drs. Masyhur, M.Ag., Ph.D, PEMBIMBING 1 and Yanto, M.Hum., M.IP, Pembimbing II (2021) ANALISIS PEMASARAN JASA INFORMASI DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ruri Rahma Dhanti Fix (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti mengenai Analisis Pemasaran Jasa InformasiDi UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemasaranjasa informasi yang telah diterapkan dan apa saja kendala yang dihadapi dalam pemasaranjasa informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Data di dapatkan dari hasil wawancara dengan 7 informan, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemasaran jasa informasi Di UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah. Produk yang berupa berbagai jenis koleksi cetak dan non cetak yang telah disediakan perpustakaan, akan tetapi masih kurang lengkap. Tempat bisa dijangkau pemustakanya. Promosi telah dilaksanakan akan tetapi masih pasif. Kendala yang dihadapi yaitu untuk elemen produk proses dalam pengadaan memakan waktu sehingga terkadang buku yang dipesan sesuai dengan silabus setiap prodi habis dipasaran. Promosi kekurangan SDM untuk mempromosikan produk produk yang ada di perpustakaan sehingga terjadi tumpang tindih dalam pekerjaan. Kesimpulan dari penelitian ini Yaitu pemasaran jasa informasi di UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah mulai dari produk, tempat dan promosi telah dilaksanakan oleh pihak perpustakaan akan tetapi masih terdapat kekurangan karena terkendala pada SDM masih kurang, proses pengadaan yang memakan waktu, promosi masih pasif untuk memperkenalkan produk yang terdapat di perpustakaan.Saran dari penelitian ini menempatkan petugas khusus dibidang promosi,mengadakan seminar atau webinar sebagai cara promosi langsung untuk memperkenalkan produk-produk yang ada, dan optimalkan akun media sosial dan website UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah dengan konten kreatif agar menarik. Kata Kunci : Pemasaran, Jasa Informasi, UPT Perpustakaan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Pelayanan dan pengolahan perpustakaan, arsip dan pusat informasi > Pelayanan kepada pemakai
Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 09 Sep 2021 08:07
Last Modified: 08 Nov 2021 04:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9692

Actions (login required)

View Item View Item